oleh

Sulit Melestarikan Kebudayaan Empat Lawang

LINGGAU POS ONLINE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Empat Lawang mengaku kesulitan menggali kebudayaan di Empat Lawang saat ini. Hal ini disebabkan kurangnya informasi dari petuah-petuah, yang menyebabkan minimnya kebudayaan di Empat Lawang.

Menurut Nurmala, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Empat Lawang mengatakan peran generasi muda dalam melestarikan kebudayaan maupun adat istiadat serta seni di Empat Lawang masih sangat minim.

“Sementara kamu kehabisan sumber yang bisa diambil, untuk melestarikan kebudayaan kita. Padahal banyak kebudayaan dan seni di Empat Lawang namun tanpa peran generasi muda dan sumber yang ada, kita sulit untuk melestarikannya,” tegas Nurmala.

Ia mengaku para petuah ataupun tokoh masyarakat di Empat Lawang, hanya sedikit menurunkan budaya ataupun adat istiadat. Wajar kalau Disdikbud kesulitan untuk menggali potensi kebudayaan, yang menjadi identitas maupun ciri khas masyarakat asli Empat Lawang.

“Mereka hanya sedikit memberikan informasi, dan tidak diturunkan ke generasi muda itulah kesulitannya saat ini,” ungkapnya.

Nurmala menambahkan perlunya partisipasi dan dukungan penuh dari ketua adat dan pelaku seni yang paham budaya tradisional Kabupaten Empat Lawang, agar dapat dikenalkan ke generasi muda, untuk menumbuhkan rasa cinta kebudayaan dan mau melestarikannya.

“Kami berharap para generasi muda sadar akan pentingnya melestarikan budaya,” harapnya. (key)

Rekomendasi Berita