oleh

Suku Bunga KUR Turun 2%

LINGGAU POS ONLINE, JAWA KANAN – Suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) turun 2 %, semua 9 % kini menjadi 7 % per tahun. Bunga KUR 7 % sudah berlaku dari 1 Januari 2018.

Pemimpin Cabang BRI Lubuklinggau, H Alimin mengatakan bahwa KUR merupakan program pemerintah berupa pinjaman modal usaha yang dananya 100 % dari bank pelaksana KUR untuk rakyat Indonesia.

Alimin mengungkapkan bahwa usaha mikro, kecil dan menengah adalah dukungan dari pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang memutuskan untuk menurunkan suku bunga KUR dari 9% menjadi 7%.

“KUR terdiri dari KUR mikro, KUR Ritel dan KUR TKI. KUR mikro Bank BRI adalah kredit modal kerja atau investasi dengan plafon sampai dengan Rp 25 juta, selanjutnya diberikan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dengan usaha produktif dan layak. Untuk KUR Ritel Bank BRI adalah kredit modal kerja atau investasi kepada debitur yang memiliki usaha produktif dan layak plafon lebih dari Rp 25 juta sampai dengan Rp 500 juta per debitur. Selanjutnya ada KUR TKI yang diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafon sampai dengan Rp 25 juta,” ungkapnya.

Syarat untuk KUR Mikro dan KUR Ritel yakni untuk individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak, memiliki surat izin usaha mikro dan kecil, tidak menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif. Untuk KUR TKI yakni mempunyai identitas berupa KTP dan kartu keluarga, paspor, visa dan perjanjian kerja dengan pengguna jasa.

“Jadi tidak hanya di Kota Lubuklinggau saja kami jangkau, melainkan di wilayah Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Muratara. Tetapi untuk KUR Ritel hanya untuk jangkauan Kota Lubuklinggau saja dan harus berdomisili satu tahun di kota usaha yang dibangun. Sedangkan untuk KUR TKI sudah memiliki jaminan asuransi yang bekerja sama dengan Jamkrindo dan Askrindo,” tambahnya.

Ia juga mengatakan bahwa kelebihan KUR yakni nasabah KUR yang lama bisa suplesi, misalnya pinjaman 300 juta sekarang sudah jalan satu tahun sudah bisa disuplesi. tanpa dilunasi dulu, kalau selama ini kan harus dilunasi terlebih dahulu, ambil Rp 10 juta 20 juta harus dilunasi terlebih dahulu, ditutup rekening baru pinjam lagi. Untuk sekarang saat ini tidak perlu. Maksimal pinjaman 100 juta yang bisa diambil sampai 4 kali.

“Alhamdulillah antusias masyarakat adanya KUR ini sangat baik,” katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa kelebihan BRI adalah cepat tanggap pada kebutuhan masyarakat, satu-satunya bank yang memiliki satelit. BRI terinspirasi dari perkataan siapa yang menguasai teknologi dia yang menguasai dunia. BRI juga sudah punya bank kapal atau disebut teras kapal, di sana sudah ada BRI, sudah lengkap seperti kantor BRI.

“Nanti akan ada pengundian tabungan Simpedes yang panen hadiah, banyak hadiah yang menanti untuk para penabung yang akan diundi pada bulan April 2018 di Rupit. Semakin banyak tabungan maka akan semakin banyak peluang untuk memenangkan undian. Untuk menabung minimal Rp 100.000, jika dalam satu bulan terkumpul Rp 1.000.000 maka akan mendapatkan kupon 10 kupon. Nantikan hadiah menakjubkan dari Bank BRI,” paparnya (CW06).

Komentar

Rekomendasi Berita