oleh

Sukseskan Pilkada Serentak 2018

PPK Lubuklinggau Barat II Bimtek PPS

LINGGAU POS ONLINE, ULAK LEBAR – Sebanyak 24 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Lubuklinggau Barat II, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) rekapitulasi pemilihan Walikota-Wakil Walikota Lubuklinggau tahun 2018, Senin (11/6).

Kegiatan Bimtek dilaksanakan di ruang rapat kantor Kecamatan Lubuklinggau Barat II, dengan narasumber anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lubuklinggau Barat II, Daryono. Dan dihadiri seluruh anggota PPK se-Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Evrie Antonius, Tomi, Riko dan Bejo, termasuk Sekretaris PPK Lubuklinggau Barat II, Wahyu Lindra.

Ketua PPK Lubuklinggau Barat II, Evrie Antonius menjelaskan tujuan dilakukannya Bimtek supaya PPS dapat mengetahui tugas pokok dan fungsinya di Pilkada serentak 2018. Sebab, selain harus melaksanakan dua tahapan Pilkada sekaligus, yakni Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur dan Walikota-Wakil Walikota. PPS juga tidak melakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPS, logistik hasil penghitungan suara hanya lansir ditingkat PPS, setelah semuanya kumpul langsung didistribusikan ke PPK.

“Anggota PPS juga banyak orang baru, maka sangat penting dilakukan Bimtek agar mereka paham tentang tugas yang harus dijalankan,” katanya.

Maka, dilakukan simulasi mengenai tata cara pencoblosan dan penghitungan suara yang berlangsung di TPS. Sebab, walaupun itu tugas kelompok panitia pemungutan suara (KPPS), anggota PPS wajib untuk mengetahui, agar ketika KPPS mengalami kendala bisa berkoordinasi dengan PPS.

Kemudian, tugas yang tak kalah pentingnya yang dilakukan anggota PPS adalah memastikan seluruh logistik pemilu datang tepat waktu, dan tidak ada kekurangan di setiap TPS dalam wilayahnya masing-masing.

“Prinsipnya, anggota PPS berkewajiban untuk memastikan proses pelaksanaan Pilkada di wilayahnya berjalan dengan baik,” jelasnya.

Maka, dirinya meminta agar seluruh anggota PPS se-Kecamatan Lubuklinggau Barat II, untuk bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing, demi suksesnya Pilkada serentak 2018. (01)

Rekomendasi Berita