oleh

Sukses Adakan Festival Generasi Emas II

 

Kepala SMKN Rawas Ulu, Edy Sutriono foto bersama narasumber dan peserta pelatihan robotik Festival Generasi Emas Muratara II, Rabu (20/12).

SMKN Rawas Ulu Muratara

DALAM rangka membangun generasi Muratara yang kreatif dan bermartabat, 20-21 Desember 2017 SMKN Rawas Ulu sukses menggelar Festival Generasi Emas II. Acara yang melibatkan peserta didik SMP/MTs dan SMA/MA se-Kabupaten Muratara itu juga bagian dari Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Serta Hari Ibu Ke-89.

Kegiatan ini diawali dengan Kegiatan Seminar dan Lokakarya dengan tema Growing Up Your Literacy dan Creatifity atau membangun generasi Muratara yang Kreatif dan Bermartabat, Rabu (20/12) yang diisi oleh Kabid Pembina SMK Disdik Sumatera Selatan (Sumsel), DR Rusmana Dewi yang juga sastrawan Mada Linggau, seniman Duki Abadiyanto (seni kriya), Radiansyah (musik perkusi) dan Yaspin Yolanda dan Tim Robotik, Rabu (20/12).

Selanjutnya, Kamis, 21 Desember 2012 diselenggarakan berbagai lomba antar pelajar SMP/MTs se-Kabupaten Muratara yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muratara, Abd Rahman Wahid.

Adapun lomba yang dilaksanakan yakni lomba baca Alquran, LCC Mata pelajaran Arab, Lomba Dai, lomba bercerita yakni kisah tauladan nabi, lomba menulis karangan dengan tema ‘Aku Ingin Jadi Pemimpin Muratara’ dan lomba hasta karya.

Sebelum menyampaikan sambutannya, Kepala SMKN Rawas Ulu, Edy Sutriono mengajak seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir untuk bertasbih, bertahmid dan bertakbir.

Edy Sutriono menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran langsung Kadisdik Kabupaten Muratara yang membuka langsung kegiatan festival Generasi Emas Muratara II tahun 2017. Begitu kepada harian Linggau Pos, atas kerjasama dalam rangka menggalakkan literasi dalam membaca.

Edy Sutriono menjelaskan, beberapa kegiatan mulai dari seminar dan lokakarya serta berbagai perlombaan ini sebagai upaya memotivasi para anak didik dan sekolah agar kedepan lebih baik lagi.

Dijelaskannya, selama tahun 2017 ini setidaknya lebih 20 prestasi yang telah diraih SMKN Rawas Ulu, diantaranya Juara tari dan lagu festival budaya daerah Muratara, meraih berbagai prestasi dalam kegiatan pramuka, sukses melaksanakan UNBK, Juara I PIK-R tingkat Kabupaten Muratara, mengikuti JETRADA di Sumbar, mengikuti Jambore pemuda daerah Sumsel, sukses melaksanakan Safari Ramadhan, meraih 1 perak,1 perunggu pada O2SN SMK Sumsel, Juara III LKS Automotif SMK Sumsel, utusan SMK Sumsel pada Salatiga Fashion and Food Festival, utusan SMK/SMA Sumsel pada pentas PAI tingkat nasional cabang lomba Pidato Bahasa Indonesia, meraih 3 emas, 4 perak, 3 perunggu pada kejuaraan Taekwondo pelajar Kabupaten Sarolangun, Juara I dan II karya ilmiah dan juara II Kreasi barang bekas Dispora Kabupaten Muratara, Juara III aransemen lagu sekolah model Sumsel, semua Prodi terakreditasi B, sukses dalam kegiatan pelatihan kepemimpinan (PKBN, LKS, PPK), Meraih berbagai prestasi kegiatan ROHIS, dan aktif dan sukses dalam peringatan HUT RI tingkat kecamatan dan kabupaten serta tim tari dipercaya dalam berbagai kegiatan Kabupaten Muratara, Juara Volly Ball Caroline Cup, Juara Paskibraka.

Prestasi-prestasi tersebut, tentunya berkat kerjasama seluruh para guru dan para anak didik yang, secara sungguh-sungguh dan bersemangat dalam mengikuti berbagai kegiatan dan tersebut.

“Kita semua ingin Muratara maju, Alhamdulillah nama SMKN Rawas Ulu sudah baik bahkan sudah sampai ke tingkat nasional,” imbuhnya.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, tahun 2018 mendatang pada Peringatan Hardiknas SMKN Rawas Ulu akan mengadakan lomba robotik.

Berkaitan dengan perlombaan yang dilaksanakan ini, Edy Sutriono menjanjikan kepada para juara umum I, II dan III apabila masuk SMKN Rawas Ulu maka diberikan hadiah lebih, berupa bebas biaya.

“Bagi juara umum I, II dan III apabila masuk SMK akan digratiskan, baju di gratiskan, bebas uang sekolah, bebas dari iuran selama 3 tahun, les pun tidak bayar,” ucapnya sebagai upaya mengajak para siswa SMP/MTs masuk SMKN Rawas Ulu.

Tidak hanya itu, Kedepan akan membuat film pelajaran, dan keliling di seluruh Kecamatan di Muratara, untuk mencari atlet-atlet terbaik untuk dibentuk dan diberikan pembinaan secara khusus agar bisa menjadi tim atlet kebanggaan Kabupaten Muratara.

Dalam pidatonya Kadisdik Kabupaten Muratara, Abd Rahman Wahid mengapresiasi pelaksanaan kegiatan festival ini, apalagi dengan berbagai penampilan anak-anak SMKN khususnya rasa kagum atas ceramah singkat Eka Susanti yang berasal dari Desa Sungai Jauh.

“Sebagaimana isi Tausiah tadi, kunci menjadi generasi emas yang paling utama yakni iman dan takwa, karena dengan keimanan dan ketaqwaan apa yang dicita-citakan akan terwujud, didamping dari penunjangan lain seperti disiplin dan rajin,”Kata dia.

Apresiasi juga dengan film dokumeter singkat, Jamal Sungai Kijang yang diperankan langsung oleh asli putra Desa Sungai Kijang yang menceritakan bagaimana perjuangan dirinya dan keluarganya dalam menjalani kehidupan, ini merupakan kreativitas para anak-anak didik yang harus terus diasah dan dikembangkan.

Abd Rahman Wahid, Sekolah diibaratkan lahan yang subur, agar benih dalam hal ini peserta didik dapat tumbuh berkembang dengan baik.

“Inilah tugas, para guru sebagai bagaimana membuat lahan dan tanaman menjadi bagus, baik dengan menyiram, memupuk maupun menjaga agar subur, Khususnya kepala sekolah selalu visioner, harus punya inovasi jangan hanya monoton atau berdiam diri,” ucapnya.

Menurutnya, Kasek merupakan agen perubahan, kalau tidak ada inovasi hanya berdiam diri maka sekolah tersebut akan jalan di tempat.

“Untuk itulah saya mengharapkan sekali seluruh Kasek mempunya inovasi, dengan demikian sekolah akan maju para anak didik akan cerdas dan mampu menjadi generasi emas,”pesannya.

Kepada para peserta selama mengikuti perlombaan, tentunya melalui berbagai perlombaan ini dapat menambah pengetahuan peserta didik.

Pada kegiatan tersebut, selain diawali dengan tari sambut diisi tausiah singkat, oleh Daiah SMKN Rawas Ulu Eka Susanti, dilanjutkan dengan menonton film dokumenter singkat yang diperankan oleh salah satu siswa SMK di Desa Sungai Kijang Kecamatan Rawas Ulu.(07)

Komentar

Rekomendasi Berita