oleh

Suhari Terkejut Menemukan Bunga Bangkai

LINGGAU POS ONLINE, AIR LESING – Betapa terkejutnya Suhari melihat di pinggir jalan Desa Air Lesing, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas. Di sana legislator dari PKS ini melihat Suweg atau Bunga Bangkai tumbuh dekat pohon besar.

Suhari mendekat. Dan melihat langsung Suweg dengan warga, kemerah-merahan dengan batang menancap di tanah.

“Saat itu saya hendak pulang dari kebun yang berada di Desa Air Lesing, saat saya melihat ke arah hutan terlihat Bunga Bangkai yang sedang tumbuh. Saya turun dari mobil dan mendekati untuk melihat langsung Bunga Bangkai itu,” ucap Suhari pada koran ini, Rabu (20/6).

Selanjutnya, Suhari yang menjabat Ketua DPD PKS Kabupaten Musi Rawas ini meneruskan ceritanya. Ia mengaku saat melihat Bunga Bangkai itu jarum jam menunjukkan pukul 09.00 WIB. Suhari meminta tolong kerabatnya yang ikut serta untuk mengabadikan momen tersebut lewat Handphone (Hp) kamera miliknya.

“Langsung kami foto Bunga Bangkai itu, karena ini tergolong momen langka yang baru pertama kali saya lihat,” kata Suhari menambahkan, saat ditemukan Bunga Bangkai itu belum mengeluarkan aroma busuk seperti Bunga Bangkai yang banyak ditemukan di Provinsi Bengkulu.

Suhari yang tinggal di Desa E Wonokerto, Kecamatan Tugumulyo ini meneruskan ini merupakan pengalaman unik yang dialaminya, dan akan dikenang karena telah melihat Bunga Bangkai tersebut secara langsung. Meskipun tak sama dengan Bingan Bangkai yang berasal dari Provinsi Bengkulu.

“Saya melihat bentuknya unik dan menarik. Semoga dengan dipublikasikan banyak orang yang datang melihat ke sini nantinya,” imbuh Suhari.

Dari berbagai sumber menyebutkan khusus untuk Suweg adalah tanaman anggota marga Amorphophallus yang dekat dengan Amorphophallus titanium atau bunga bangkai.  Suweg merupakan tumbuhan herba dan menahun, batangnya berbentuk tegak, lunak, halus berwarna hijau atau hitam belang-belang putih. Batang tunggal memecah menjadi tiga batang sekunder dan akan memecah lagi sekaligus menjadi tangkai daun.

Pada setiap pertemuan batang akan tumbuh bintil berwarna cokelat kehitam-hitaman sebagai alat perkembangbiakan Suweg. Tinggi tanaman dapat mencapai 1,5 meter sangat tergantung umur dan kesuburan tanah. (08/Net)

Rekomendasi Berita