oleh

Sudah Pakai Tiga Mobnas, Enggan Kembalikan Pula

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Ulah oknum anggota DPRD Lahat ini, memang tidak patut dicontoh. Sudah memakai tiga mobil dinas (mobnas) sekaligus, saat harus dikembalikan, yang beruang terkesan enggan mengembalikan.

Padahal Peraturan Pemerintah (PP) No. 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD, telah terbit. Bahkan, Perda Kabupaten Lahat No. 6 Tahun 2017, perihal Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD, juga sudah terbit.

Sekwan Lahat, HM Safrani Cikmin mengungkapkan, dari 47 unit mobil dinas yang digunakan 37 wakil rakyat, di luar tiga unsur pimpinan, baru 25 unit yang dikembalikan. Sehingga Sekretariat DPRD Lahat, belum memberikan tunjangan transportasi bagi anggota dewan yang belum mengembalikan aset daerah itu.

“Ada beberapa anggota dewan yang pegang dua sampai tiga mobil dinas, tapi belum satu pun dikembalikan,” ungkapnya, Selasa (14/11).

Menurut Safrani, adanya anggota dewan yang meminjam tiga unit mobil dinas itu, lantaran yang bersangkutan sudah beberapa periode duduk sebagai wakil rakyat. Saat ada pengadaan mobil baru, yang bersangkutan mengambil, sedangkan yang lama belum dikembalikan.

“Yang mengembalikan saja kami bayar tunjangan transportasi. Bahaya mereka sendiri, tunjangan diambil mobil dinas tidak dikembalikan,” tegasnya.

Kalau anggota dewan yang bersangkutan hendak mengikuti lelang, ungkap Safrani, langsung koordinasi ke Sekretariat Pemkab Lahat. Sebab harus melalui prosedur lelang.

“Surat sudah disampaikan, batas waktu akhir November, atau saat tunjangan dibayar, harusnya sudah dikembalikan,” ujarnya.

Di sini lain, Safran mengakui ada beberapa mobil dinas yang digunakan dewan mati pajak. Namun, menurutnya, bagian sekretariat sudah hendak membayar saat jadwal pembayaran pajak tiba. Hanya saja saat itu beberapa anggota dewan sedang ada kegiatan, hingga batas pembayaran pajak, lewat.

“Semuanya sudah kami bayar,” katanya. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita