oleh

Sudah Ketiga Kalinya Merampok Mobil Rental, Leher Korban Dijerat Tali

LINGGAUPOS.CO.ID – Komplotan perampok mobil travel yang diamankan di Polres Lubuklinggau, terdata sudah tiga kali melakukan aksinya. Tercatat dua kasus di Lubuklinggau dan satu kasus di Musi Rawas Utara (Muratara).

Di Muratara terjadi di wilayah hukum Polsek Rawas Ulu, pada 30 Desember 2019. Yang dirampok, mobil rentak Innova BG 1228 ZO warna Hitam milik Nopriyansah (Raja Rental Mobil Palembang).

Kemudian di Jalan Sukarno Hatta depan SMAN 3 Lubuklinggau Kelurahan Petanang Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Sabtu (8/2/2020) sekitar pukul 03.00 WIB. Dalam aksi inilah tiga tersangka berhasil ditangkap.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono melalui Kapolsek Lubuklinggau Utara AKP Harrison Manik, menjelaskan komplotan ini juga beraksi, Rabu (22/1/2020) sekitar pukul 08.00 WIB, di Jalan Lingkar Utara Kelurahan Sumber Agung dekat gardu PLN Kecamatan Lubuklinggau Utara I.

“Korbannya Dedy Randa (26) warga Kelurahan Kasang Kudak Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Ia kehilangan mobil Daihatsu Xenia B 2645 SKQ,” jelas Kapolsek.

Pelaku yang terlibat dalam perampokan itu, Andeni Apri Yuliansyah (30) warga Desa Sungai Jauh Kecamatan Rawas Ulu Kabuaten Muratara dan Arbain (25) warga Desa Sungai Baung Kecamatan Rawas Ulu.

Kronologis kasusnya,

korban yang bekerja sebagai sopir mobil rental, diperintahkan oleh Rori (pemilik mobil) menjemput dua orang di Bandara Jambi.

Kedua orang itu, meminta diantarkan ke Curup, karena hendak menikah. Setibanya di Lubuklinggau, korban diinapkan di Wisma Pratama di Megang. Sementara kedua penumpang menginap di Hotel 929.

Sabu (22/1/2020) sekitar pukul 07.30 WIB, kedua penumpang (tersangka) meminta dijemput di Hotel 929. Sesampainya di hotel, sudah bertambah menjadi tiga orang. Mereka diantar ke ATM di SPBU Megang.

Setelah itu pelaku menyuruh korban mengarahkan mobil ke arah Petanang, dan dalam mobil salah satu pelaku bicara melalui ponsel dengan seseorang. “Kami tidak jadi mampir-mampir, kami mau ke Jambi lah”.

Sekitar pukul 08.00 WIB di depan GOR Petanang, pelaku yang baru datang muncul di Hotel 929, meminta korban berbelok ke kanan. Kemudian di depan gardu induk PLN, kembali meminta berbelok ke kanan ke arah Sumber Agung.

Namun baru masuk jalan sejauh 20 meter, pelaku menyuruh korban berhenti, katanya menunggu temannya. Kemudian pelaku turun dari mobil sambil menelpon seseorang, sementara korban diajak ke arah Siring Agung untuk membeli rokok.

Mereka kemudian kembali ke tempat semula, untuk menjemput temannya yang turun tadi. Saat   ditempat semula dengan posisi mesin mobil masih hidup, tiba-tiba pelaku yang duduk di belakang sopir, menjerat leher korban dengan tali.

Korban berontak dan berhasil melepaskan jeratan tali tambang di lehernya. Kemudian korban meloncat turun dari mobil dan melarikan diri.

Pelaku sempat mengejar, hingga terjadi pergumulan dengan korban, namun akhirnya korban berhasil melepaskan diri. Kemudian sekitar pukul 09.00 WIB, korban melapor ke Polsek Lubuklinggau Utara.

Setelah melapor, petugas koordinasi dengan pemilik mobil, berdasarkan data GPS mobil ternyata berada di Desa Sungai Baung Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Muratara.

Petugas langsung meluncur. “Sekitar pukul 11.00 WIB, anggota sampai di TKP, degan jarak lebih kurang 100 meter di pinggir sungai, terlihat ada empat orang sedang mengerumuni mobil korban. Melihat kedatangan anggota, para pelaku panik dan menembak,” jelas Kapolsek.

Sempat adu tembakan, namun para pelaku akhirnya melarikan diri dengan cara menceburkan diri ke dalam sungai. “Saat diperiksa, anggota menemukan kunci mobil tersebut tergeletak di pinggir sungai, terjatuh saat para pelaku melarikan diri,” jelas Kapolsek.

Nah, setelah mengetahui ada tiga tersangka kasus perampokan mobil rental tertangkap, petugas Polsek Lubuklinggau Utara memeriksa para tersangka, terungkap yang terlibat kasus di Sumber Agung, adalah Andeni Apri Yuliansyah dan Arbain (*)

Rekomendasi Berita