oleh

Sudah Keterlaluan, Nikita Mirzani Laporkan Belasan Netizen

JAKARTA – Sebelumnya Ussy Sulistiawaty sempat melaporkan belasan akun Instagram di Polda Metro Jaya lantaran anaknya dibully netizen. Meski netizen telah meminta maaf dan Ussy memaafkan namun proses hukum tetap berjalan.

Kali ini, aktris sensasional, Nikita Mirzani yang dibuat geram oleh warganet lantaran anaknya dibully netizen. Karena tak terima, akhirnya Niki begitu ia disapa, serius mendatangi Mapolda Metro Jaya Senin (14/1) untuk melaporkan akun Instagram yang sudah menghina anaknya.

Sebelum menyambangi Mapolda Metro Jaya dan membuat laporan resmi, Niki sudah lebih dulu memilih akun mana saja yang akan ia laporkan. Niki mengumumkan nama-nama akun yang akan ia laporkan ke polisi pada Senin (14/1) lewat akun Instagram-nya @nikitamirzanimawardi_17.

Ada sekitar 14 akun yang diperkarakan oleh Niki ke pihak yang berwajib. Adapun 14 akun tersebut yakni Williammhalim, Kartikayohanna, Stormidavis_1, Eko_Dominic13, Yuli_08_82, Dewi Auroraa, Craft_and_souvenir_qq, Mrs Pradityo Dwi Natamihardja, Rodezsin, Dehan Maharani, Intansanta, thaliataltal, Ayue_Prasetya, dan Anggie Jhovanny.

Bermasalah dengan haters bukanlah hal baru bagi Niki. Sejauh ini Niki masih bisa menghadapi penghuni jagad maya yang nyinyir dan sering menghujatnya. Namun untuk kali ini, Niki sudah kehilangan kesabarannya lantaran bukan hanya dirinya yang dapat cacian dari netizen, tetapi juga anak-anaknya.

“Selamat sayang akun kalian terpilih untuk dilaporkan. Kata Pak polisi akun-akun yang ini udah jelas-jelas unsur-unsurnya. Saya kan udah bilang. Kalo mau hina. Hina saya aja terus kalo bisa hina sayanya sesuai fakta aja. Jangan ikut-ikutan.

Ga perlu bawa-bawa anak saya juga. Pesan saya ketika nanti kecyiduuk jangan nangis-nangis minta maaf yah ????????. I love you all,” tulis Niki memberikan keterangan pada daftar nama-nama akun yang menghujat anaknya.

Pada postingan selanjutnya Niki menyematkan keterangan bahwa sekarang sudah cukup bagi netizen untuk bermain-main dengannya. Kini ia ingin serius menyeret mereka ke penjara.

“Selamat anda-anda jua terpilih. Main-mainnya udah cukup ya. Saya sekali-sekali mau jadi orang serius dulu,” tulisnya.

Namun ada satu akun yang gugur karena sudah minta maaf kepadanya melalui pesan dan rekaman video yakni akun Mrs Pradityo Dwi Natamihardja. Bahkan suami pemilik akun tersebut mengirim Direct Messenger (DM) permohonan maaf agar istrinya tidak dilaporkan ke polisi karena tengah hamil.

“Assalamu’alaikum mbak nikita. Mbak saya selaku suami dari Dewi Anggraeni Natamiharja meminta maaf atas kelakuan istri saya. Saya harap istri saya tidak sampai di Iaporkan. Dan saya akan bina istri saya lebih baik Iagi. Saya harap kebijaksanaannya. Terima kasih. Apabila perlu membuat permintaan via video akan kami Iakukan. Asal tidak di Iaporkan istri saya ke polisi,” kata suami Dewi Anggraeni.

Niki pun menghargai permohonan maaf suami Dewi Anggraeni itu, namun kata Niki, dirinya sudah berada Polda dan sudah siap melaporkan sejak pagi.

“Hallo Pak: saya hargai ini Pak. Tapi saya sudah di polda: Udh bgn pagi 2 buat ngurusin urusan beginian,” jawab Niki.

“Aduh please mbak Saya mohon. Saya jamin gk akan terjadi kembali. Saya mohon. lstri saya lagi hamil,” kata suami Dewi Anggraeni lagi.

Tak lama kemudian Niki mengunggah tangkapan layar percakapan mereka serta video permintaan maaf dari Dewi Anggraeni di akun Instagram pribadinya. Niki pun memberi keterangan “gugur 1”. Ini seakan mengisyaratkan bahwa pemilik akun tersebut telah dimaafkan dan tidak jadi dilaporkan ke polisi.

Usai melapor di Mapolda Metro Jaya Niki sempat mengutarakan bahwa dirinya dihujat dan difitnah yang tidak-tidak oleh netizen. Dan lebih tak terima lagi ketika anaknya dibully.

“Karena netizen kalau membully keterlaluan banget,” ujar Nikita di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (14/1).

Menurut Nikita tidak hanya dirinya saja yang menjadi bully-an tetapi keluarganya juga terkena mengalami perundungan.

“Maksudnya bawaannya udah kemana-mana. Ke anak, ke orangtua yang sudah meninggal. Nggak usah gitu sih. Kalau mau bully, bully saja sewajarnya. Tapi kalau di batas ambang kewajaran, Niki akan lapor. Sekarang pasti gitu saja,” katanya.

Melihat uanggahan Niki di Instagram yang akan melaporkan belasan akun yang membully anaknya, mendapat dukungan para warganet. Bahkan kalangan aktris dan penyanyi juga membenarkan tindakan yang diambil Niki.

“Saya dukung kaka indri jngan kasih kendorrr @nikitamirzanimawardi_17,” kata Evi Masamba.

Rina Nose juga tampak geram dengan perbuatan netizen yang semena-mena menghujat dan menghina orang lain apalagi sampai membawa anak. Meski tak mengungkapkan dengan kata-kata Rina memberikan komentar dengan emoticon tinju (tangan dikepal).

Para netizen juga memperingatkan bahwa saat ini banyak haters yang menyamar sebagai fans lalu kemudian membuat onar dengan komentar-komentar nyinyir dan menghasut.

“Seketika komen isi nya para haters yg lg nyamar jd lovers, hati2 nik banyak netizen yg labil wkwkwkwk,” tulis akun @anton_harahap.

Netizen yang suka menghujat ternyata bukan hanya perempuan yang notabenenya ibu-ibu. Mirisnya, mereka yang suka nyinyir juga banyak kaum adam.

“Yang gua heran yg tukang nyinyir trnyta bukan dr ibu2 yg pendidikanya kurang trnyta jaman now lelaki nyinyiran jg,” kata akun @rudy_loe.

Dengan memperkarakan pemilik akun yang suka memancing keributan kata netizen bisa menjadi bahan pembelajaran buat netizen lain agar lebih bijak lagi dalam bersosial media. Tidak serta-merta memfitnah, menghujat apalagi membully anak-anak.

“Pelajaran untuk kita semua.. jangan suka koment yg macem2 di instagram orang.. klo ga suka.. lihatin aja.. klo suka.. kita semangatim semangat teruz @nikitamirzanimawardi_17,” kata @dina_3jaya mengingatkan.

“Sesakali orang julit mesti dikasih pelajaran seharus nya kalau memang tidak menyukai seseorang cukup diam dan jangan berkomentar sembarangan yaa. Semoga kedapan nya Iagi netijen lebh pandai dalam berkomentar,” kata @putriitann.

Bagi seorang ibu Ussy Sulistiawaty mengaku tak terima ketika anaknya menjadi korban bully. Menurutnya, tak seharusnya anak yang tak tahu apa-apa dicaci dan dihujat oleh siapapun. Maka langkah tepat yang harus ia ambil ialah melaporkanya kepada polisi.

“Ya mungkin memang harus (lapor polisi) kalau aku kan dari dulu gak pernah peduli kalau akunya (dicaci) karena ini ke anak buat aku anak kan gak tahu apa-apa dan gak salah, terus jadi memang harus diproses secara hukum,” ujar Ussy saat dihubungi Fajar Indonesia Network Selasa (15/2).

Menurut istri Adhika Pratama ini bahwa dirinya tidak hanya menggeretak. Ussy mengaku tak main-main untuk memperkarakan netizen yang sudah menghina anak sulungnya.

“Kalau aku sih bukan hanya lapor-lapor aja aku emang pengen diproses. Ini kan sekarang lagi dalam proses penyelidikan polisi jadi kita tunggu aja,” katanya lagi.

Sampai saat ini laporan Ussy terhadap sejunlah netizen yang membully anaknya itu masih proses lidik di Polda Metro Jaya untuk membuktikan bahwa benar ada pelanggaran UU ITE yang dilakukan para terlapor.

“Masih berlanjut karena memang polisi juga kan gak bisa asal nangkap gitu aja dan semuanya kan harus sesuai sama bukti-buktinya jadi benarkah itu masuk UU ITE atau gak gitu jadi memang saya seriusnya harus diberesin sampai tuntas,” jelas Ussy.

“Ya karena ini ke anak-anak sih kalau ke sayanya saya gak pernah pusingin dari dulu,” lanjutnya.

Ia mengaku prihatin dengan netizen di Indonesia yang dengan gampang menghakimi orang lain di media sosial. Menurutnya mencaci orang sepertinya sudah menjadi kebiasaan bagi mereka dan hal wajar.

“Mungkin karena sudah terbiasa kali yah karena sudah sangat diwajarkan jadi harus ada orang yang memang ngasi pelajaran gitu,” ujar Ussy.(dim/din/fin)

Rekomendasi Berita