oleh

Sudah Dapat Bekerja

LINGGAU POS ONLINE- Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol Firli Bahuri bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) HM Syarif Hidayat meletakkan batu pertama pembangunan gedung utama Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Muratara, Jumat. (18/10)

Momen itu disaksikan anggota DPR RI H Fauzi Amro, anggota DPRD Provinsi Sumsel H Hasbi Asadiki, Ketua DPRD Muratara Efriansyah, Kapolres Musi Rawas (Mura) AKBP Suhendro, Plt Kapolres Muratara AKBP Adi Witanto, Perwakilan Dandim 0406/MLM, Pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sumsel dan Muratara serta camat.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli Bahuri dalam sambutannya menyampaikan selama jadi Kapolda Sumsel sudah tiga Mapolres berdiri. Hal itu atas dasar dukungan masyarakat dan Pemerintah Sumsel.

“Saya belum lama menjabat sebagai Kapolda Sumsel, alhamdulillah tiga Polres berhasil didirikan, salah satunya Polres Muratara. Semua itu berkat dukungan masyarakat dan support dari Gubernur Sumsel H Herman Deru,” kata Firli.

Firli menambahkan bahwa jajaran Polres Muratara sudah dikukuhkan oleh Kemenpan-RB, dengan Plt Kapolres AKBP Adi Witanto, SIK yang sebelumnya adalah Kasubdit 3 Ditintelkam Polda Sumsel, Plt Wakapolres Muratara Kompol Jossy Andrianto,S.ST, MM sebelumnya menjabat Kabagops Polres Lahat, Plt Kabag Ops Kompol Hermansyah, SH sebelumnya menjabat Kanit 2 Subdit 4 Direskrimsus Polda Sumsel, Plt Kabagren Polres Muratara Kompol Bawon Sandur yang sebelumnya menjabat Kabagren Polres Musi Rawas, Plt Kabag Sumda Kompol Ramlan Amin, SH sebelumnya menjabat Kabag Sumda Polres Ogan Ilir, Plt Kasat Reskrim AKP Dedi Rahmad Hidayat, SH sebelumnya menjabat Paur 3 Subbid Pin Bidhumas Polda Sumsel, Plt Kasat Lantas AKP Muhammad Sadeli, SH, M.Si sebelumnya menjabat Kanit 2 Subdit Gakkum Ditlantas Polda Sumsel, Plt Kasat Res Narkoba Iptu Morris Widhi Harto, S.I.K sebelumnya Kanitdik 3 Satreskrim Polres Muara Enim, Plt Kasat Intelkam Iptu Yusman Hendry sebelumnya PS Panit 1 Subdit 1 Ditintelkam Polda Sumsel, Plt Kasat Sabhara AKP Afrianto sebelumnya menjabat Kanit 4 Siturajawali Subdit Gasum Ditsamapta Polda Sumsel, Plt Kasat Binmas AKP Muhammad Ali Asri, SH sebelumnya menjabat Paur Sikorwas Polsus Subditbinsatpam/Polsus Ditminmas Polda Sumsel, dan Plt Kasi Keu Aipda Yudi Aria Irawan sebelumnya menjabat PS Kanitprovos Polsek Rawas Ulu Polres Mura.

“Semua unsur Polres sudah dikukuhkan, dan sudah dapat bekerja untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat Kabupaten Muratara,” tambahnya.

Irjen Pol Firli mengingatkan bahwa selain meningkatkan keamanan, tugas utama dari 12 unsur Polres Muratara adalah mempersiapkan Mapolres sehingga menjadi definitif.

Sementara Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengatakan momen peletakan batu pertama merupakan peristiwa bersejarah agar kabupaten baru bisa maju. Karena kemajuan daerah harus ada peran dari pihak keamanan terutama kepolisian

“Semua takkan berjalan tanpa ada petugas keamanan, maka adanya Polres merupakan peristiwa penting, apalagi Muratara merupakan kabupaten baru,” kata Herman Deru.

Mapolres memang harus terletak di pinggir jalan utama, dan posisi akan dibangunnya Mapolres Muratara sudah sangat pas, karena berdekatan dengan jalan umum.

“Polres memberi pengamanan warga wilayah, juga bertugas memberi keamanan bagi warga daerah lain yang melintas, maka dari itu posisi gedungnya haruslah dipinggir jalan umum,” tegas Herman Deru.

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat dalam laporannya menyampaikan bahwa, Mapolres Muratara yang dilakukan peletakan batu pertama akan didirikan atas tanah hibah seluas 4,8 hektare di Jalan Lintas Sumatera, Desa Karang Anyar, Kecamatan Rupit.

Dikatakan Bupati, dalam pembangunan anggaran APBD sebesar Rp12 miliar sudah disiapkan dalam anggaran tahun 2019 dan anggaran tahun 2020

“Kita ingin pembangunan ini berjalan lancar, anggaran Rp2 miliar di APBD Perubahan 2019 sudah disiapkan untuk membangun dan akan ditambahkan sebesar Rp10 miliar pada APBD 2020 mendatang,” kata Syarif.

Dalam kesempatan itu, Syarif mengingatkan bagi pihak rekanan yang mengerjakan pembangunan untuk tidak main-main dengan anggaran, maka dari itu dia mengajak semua elemen untuk melakukan pengawasan.

“Pembangun harus berjalan baik dan lancar, jadi jangan main-main dengan anggaran pembangunan ini,” tegas Syarif.

Tidak lupa bupati menyampaikan ucapan selamat bekerja untuk jajaran Polres Muratara yang telah dikukuhkan, dia merasa bangga Muratara akan memiliki keamanan sendiri.

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita