oleh

Sudah 70 Persen Anak di Muratara Miliki KIA, ini Syarat Membuatnya

-Muratara-140 dibaca

LINGGAUPOS.CO.IDDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengklaim kesadaran warga membuat Kartu Identitas Anak (KIA) cukup tinggi. Bahkan saat ini sudah 70 persen anak di Muratara memiliki KIA.

Demikian dijelelaskan, Kepala Disdukcapil Kabupaten Muratara Aan Andrian melalui Kabid Data Kependudukan Kodri. “Angkanya sudah 70 persen mendekati 80 persen,” jelasnya, Rabu (31/3/2021).

Ia menambahkan, tujuan pembuatan KIA bagi seorang anak, tak lain supaya mengetahui Identitas anak yang dapat digunakan untuk kepentingan anak itu sendiri.

“Misalnya untuk mendaftarkan anak sekolah biasanya dan bepergian jauh yang menggunakan kendaraan umum, KIA tersebut bisa digunakan,” terangnya.

Kemudian ia Juga mengatakan, syarat pembuatan KIA, yakni anak usia 5 sampai 17 tahun, pas foto 3 × 4 dengan background sesuai tahun kelahiran (ganil atau genap).

Selanjutnya, foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua, Kartu Keluarga (KK) dan mengisi formulir permohonan yang telah disiapkan oleh Disdukcapil.  “Untuk pembuatan KIA prosesnya kalau tidak ada kendala satu hari selesai,” ujarnya.

Sambungnya pihaknya sudah mensosialisasikan di beberapa kecamatan yang berada di kabupaten Muratara. Diharapkan warga yang anaknya belum memiliki KIA, untuk segera membuat.

“Kita sudah mensosialisasikan secara lisan kepada camat, kepala sekolah dan kepada kades, dan lurah Jadi, kalau kita datang mereka sudah mempersiapkan semuannya dan sudah mengetahuinya,” tutup Kabid.(*)

Rekomendasi Berita