oleh

Suamiku Membohongiku

Sebut saja namaku Putri (42). Aku tinggal di Kecamatan Lubuklinggau Selatan II. Saat ini aku merasakan dunia seakan runtuh. Ketika suamiku meminta izin menikah lagi. Bagaimana tidak pembaca, kami sudah menikah selama 20 tahun. Sudah dikaruniai empat anak lagi.

Sejenak aku pun berpikir tentang apa yang kurang dari diriku, atau tentang apa yang selama ini menjadi kelemahanku. Seakan semua daya akan aku kerahkan ketika menyadari bahwa kenyataan di depan akan sebentar lagi sampai kepadaku.

Dan akhir dari usaha itu adalah cara yang aku pikir untuk menghadang kenyataan takdir yang akan diberikan Allah untukku.

Akhirnya hari itu pun datang saat aku harus mengatakan sebuah jawaban untukmu. Wanita mana yang ingin cintanya terbagi. Wanita mana yang kuat melihat suaminya bermesraan dan bahagia bersama suamiku yang sangat aku cintai.

Imanku mengatakan aku bisa merelakanmu, namun kecemburuan dan perasaanku mengunci hatiku untuk tetap mengatakan tidak. Dan lalu bagaimana mungkin suami tega memasukkan dia ke dalam kebahagiaan kita.

Sekali lagi, aku tidak bisa lepas dari kodratku sebagai wanita yang pecemburu sebab semua pasti dirasakan setiap wanita. Namun sekuat tenagaku aku mencoba tidak emosional, walaupun semua ini sangat sulit.

Namun iman menggugah kesadaranku kembali. Sekejap kupalingkan pikiranku untuk menilai bakal maduku. Bukankah situasi ini juga menjadi cobaan bukan hanya untuk aku dan suamiku.

Aku berpikir bukankah jodoh sudah digariskan Allah atas semua manusia. Dia pun tak pernah bisa memesan dari mana jodohnya akan datang. Namun ketika jodohnya adalah suamiku sendiri, lalu apakah aku harus menyalahkannya.

Dari pada aku memperburuk keadaan ini dengan prasangka yang menghinakanku sendiri, lebih baik aku menguatkan hati untuk membantu menguatkan suamiku.

Dan keikhlasan itu akhirnya berbuah pikiran bahwa engkau bukanlah milik ku yang abadi. Aku khawatir ketika cinta itu melekat erat di hatiku, justru kesenangan hidup itu akan menjadikanku mendua terhadap cinta.(19)

Komentar

Rekomendasi Berita