oleh

STR 50 Bidan Diproses

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Sedikitnya 50 bidan yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Lubuklinggau belum memperpanjang Surat Tanda Registrasi (STR).

Ketua IBI Kota Lubuklinggau, Nurmalina kepada wartawan, Selasa (6/2) mengatakan anggota IBI Kota Lubuklinggau saat ini sebanyak 138 orang. 129 orang sudah memperpanjang STR.

“50 itu STR-nya masih dalam proses,” cetus Nurmalina.

Ditambahkan Nurmalina, proses perpanjang STR memerlukan waktu. Dari IBI kabupaten/kota, diproses di Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI).

“Bidan yang tergabung dalam IBI pasti sudah mengantongi STR, atau sertifikat kompetisi. Bagi bidan yang sertifikasinya hampir habis wajib mengikuti pelatihan MU guna perpanjang STR,” jelas Nurmalina.

Menurut Nurmalina, syarat untuk kerja difasilitasi kesehatan wajib mempunyai STR. Kalau tidak ada STR, yang bersangkutan tidak diperbolehkan memberikan pelayanan kepada klien atau pasien.

Nurmalina mengakui saat ini masih ada bidan yang belum memiliki STR, hal ini disebabkan karena bidan tersebut baru selesai sekolah.

“Karena mereka baru tamat sekolah jadi belum buat STR,” ucapnya. (13)

Komentar

Rekomendasi Berita