oleh

Stok Darah PMI Kosong

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Musim libur Natal dan Tahun Baru sering membuat Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Lubuklinggau kesulitan mencari pendonor. Salah satu penyebabnya, banyak pendonor yang berlibur ke luar kota.

Hal ini berdampak, stok darah di PMI Lubuklinggau kosong. Hal ini diungkapkan oleh Bagian Triksi PMI Lubuklinggau, Indra saat ditemui di ruang kantor PMI, Kamis (4/1).

“Beberapa instansi yang rutin melakukan donor darah juga menunda waktu pendonoran, karena masih libur,” ungkap Indra.

Berdasarkan catatan Indra, beberapa instansi bahkan sudah menjadwalkan untuk menunda hingga minggu kedua Januari 2018. Melihat kondisi ini, pihaknya pun tidak tinggal diam. Mereka melakukan berbagai upaya, agar persediaan darah tetap tercukupi.

“Kebutuhan sangat meningkat, karena banyak kasus kecelakaan, seperti di malam tahun baru (kemarin, Red) , banyak kasus kecelakaan terjadi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dari jumlah kasus kecelakaan tersebut rata-rata korbannya mengalami luka memar di kepala, dan patah tangan serta kaki. Sehingga dengan kondisi tersebut, penanganan terhadap korban kecelakaan membutuhkan, darah yang sebagian besar jenis darah O, lalu darah B dengan A dan terakhir kebutuhan darah AB.

“Kebutuhan stok darah sebulan kita, 400 sampai 450 kantong. Menampung beberapa rumah sakit (RS) dan klinik,” ucapnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan stok darah, melalui kegiatan donor darah massal.

“Dalam waktu dekat kita akan menggelar kegiatan donor dara massal, biasanya cepat untuk kantor dan perusahaan. Dan menelepon parah donor aktif yang saat ini sudah mengantong nomornya masing-masing di wilayah Lubuklinggau,”terangnya.

Saat ini PMI hanya mempunyai 15 kantong darah B, yang lainnya seperti A, AB, dan O semuanya kosong.

Dalam kesempatan itu, dia pun mengimbau kepada masyarakat luas agar jangan menjadikan libur Natal dan Tahun Baru sebagai alasan untuk menunda waktu pendonoran. Sebab, setiap hari selalu ada orang yang membutuhkan darah untuk menyelamatkan hidup mereka,” imbaunya.

Sementara itu, pendonor aktif BD, saat dibincangi mengaku selalu rutin melakukan donor darah setiap tiga bulan satu kali, pada saat ada event-event di Lubuklinggau. Seperti HUT Kota Lubuklinggau, HUT HKN, dan acara besar lainnya.

“Terakhir kali saya donor darah pada November lalu, pada saat HUT HKN. Dalam waktu dekat saya akan ke PMI langsung untuk mendonorkan darah,” ungkapnya

Donor darah itu banyak manfaatnya, pertama buat kesehatan yang kedua buat menormalkan jaringan darah yang kotor.

Harapannya, semoga pihak PMI gencar melakukan sosialisasi ke sekolahan, kantor, dan pusat keramaian lainnya,” harapnya.(CW01)

Komentar

Rekomendasi Berita