oleh

Stok Blangko Kosong PRR 2.379

CURUP – Stok blangko KTP-El sejak 16 Januari 2019 di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rejang Lebong kosong.

“Kami sudah buat surat ke Disdukcapil Provinsi Bengkulu 8 Januari 2019 lalu, waktu itu stok masih 300 blangko lebih tapi pihak provinsi juga belum ada pengambilan pusat,” kata Mei Susanti Harahap, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Selasa (22/1).

Setelah melakukan koordinasi terhadap penanggung jawab Provinsi Bengkulu di Jakarta, bahwa blangko KTP-El dalam proses pengadaan oleh penyedia.

Dijelaskan Mei Susanti, kemungkinan stok blangko KTP-El akan tersedia dalam waktu dekat ini.

“Makanya kami lagi minta persetuan pengambilan langsung ke pusat, karena provinsi juga belum tahu kapan jadwal untuk pengambilan blangko,” jelas Mei.

Permintaan blangko dari Disdukcapil Rejang Lebong sendiri, awalnya sebanyak 8.000. Namun, kemungkinan jumlah tersebut akan berkurang.

“Minimal kalau sekarang ini jangan sampai tidak di kasih, minimal 4.000 untuk persediaan blangko di Rejang Lebong,” akunya.

Sebab, kata Mei, saat ini hampir setiap hari ada masyarakat yang melakukan perekaman KTP-El di Rejang Lebong.

“Sekarang untuk Print Ready Record (PRR) atau sudah merekam dan siap cetak mencapai 2.379,” katanya.

Jumlah tersebut, katanya, diperkirakan terus bertambah.

“Per hari yang merekam memang sudah mulai berkurang, biasanya ramai pas libur, per hari rata-rata 30 orang, yang paling banyak pencetakan KTP-El merupakan pergantian karena rusak, pindah tempat, ganti status, hilang dan lainnya, kalau yang baru sekitar 35 persen, sisanya ganti,” tambahnya.(sam)

Rekomendasi Berita