oleh

Sosialisasikan Pemilu di SMAN 1 Tebing Tinggi

 KPU Empat Lawang Dongkrak Partisipasi Pemilih Pemula

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang berusaha mencapai 77 persen partisipasi pemilih pada Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April 2019 mendatang. Banyak upaya yang dilakukan. Salah satunya memaksimalkan partisipasi pemilih pemula.

Laporan Kayan Manggala, Empat Lawang

UNDANG-Undang (UU) No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu memberikan jaminan bagi pemilih pemula yang pada 17 April 2019 genap berusia 17 tahun guna menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

Secara kuantitatif, jumlah pemilih pemula cukup besar dan berkontribusi signifikan bagi kemenangan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) maupun pemilihan anggota DPR, DPD dan DPRD atau Pemilu Legislatif (Pileg).

Namun dalam aktualisasi hak pilih mereka masih mengandung masalah dan bahkan potensial menyebabkan pemilih pemula kehilangan hak pilihnya. Masalah ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut dan dicarikan solusinya untuk menyelamatkan jutaan hak pilih kelompok potensial ini pada Pemilu 2019.

Berlatar belakang hal tersebut KPU Empat Lawang sosialisasi ke beberapa SMA-SMK di Kabupaten Empat Lawang. Dalam acara yang bertajuk KPU Empat Lawang Goes to School ini, Komisioner KPU melakukan dialog interaktif dengan para siswa, Kamis (7/2).

Ketua KPU Empat Lawang, Ali Amin mengatakan dengan sosialisasi ini, para siswa didorong untuk antusias datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyalurkan hak pilihnya.

“Sosialisasi ini mencegah siswa agar tidak Golput dan jangan sampai termakan ajakan politik uang,” ungkap Ali.

Sebelumnya menurut Ali, sosialisasi sudah dilakukan ke daerah pelosok oleh para Relawan Demokrasi.

Ia berkeyakinan, pemilih pemula juga perlu diperkenalkan dengan nilai-nilai demokrasi di balik proses Pemilu. Artinya, antusias untuk memilih saja tidak cukup jika antusiasme untuk memilih ini tidak diimbangi dengan pengetahuan dan kesadaran untuk menggunakan hak pilih secara tepat dan berintegritas.(*)

Rekomendasi Berita