oleh

Sosialisasi ke Pemilih Disabilitas

LUBUKLINGGAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau akan menggelar sosialisasi Pemilu 2019 kepada puluhan penyandang disabilitas di Kota Lubuklinggau, Minggu (13/2) sore. Sosialisasi dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan Pemilu 2019 kepada pemilih disabilitas, dengan harapan mereka dapat menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019.

Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi SDM dan Parmas, Andre Affandi mengatakan jika mereka memperhatikan hak pilih penyandang disabilitas, sama dengan masyarakat umum yang sudah mempunyai syarat untuk memilih, yakni berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

“Rekan-rekan penyandang disabilitas punya hak suara yang sama, jadi jangan disia-siakan,” kata Andre Affandi, Kamis (7/2).

Menurut Andre sapaan akrabnya, pihaknya memastikan penyelenggara di tingkat Kelurahan hingga di Tempat Pemungutan Suara (TPS) memberikan akses semudah mungkin, agar penyandang disabilitas tidak kesulitan menggunakan hak suaranya saat datang ke TPS.

“Kita akan fasilitasi pemilih disabilitas, ketika akan menggunakan hak suaranya,” jelasnya.

Selain itu, tujuan pelaksanaan sosialisasi tersebut adalah memastikan para pemilih disbilitas sudah memiliki KTP Elektronik (KTP-El), hingga sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan tahap dua (DPTHP-2) yang sudah ditetapkan beberapa waktu lalu.

“Kita juga ingin memastikan semua pemilih disabilitas ini sudah melakukan perekaman dan terdaftar di DPT (DPTHP-2, red) sehingga dapat memilih. Tapi, kalau masih ada yang belum kita anjurkan untuk segera melakukan perekaman,” ujarnya.

Sementara itu Komisioner KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura) Divisi SDM dan Parmas, Syarifudin mengatakan jika pada pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang, tidak akan ada diskriminasi terhadap pemilih disabilitas.

“Kita pastikan tidak ada diskriminasi terhadap pemilih disabilitas,” katanya. (aku)

Rekomendasi Berita