oleh

Sobri : Kepala OPD Ada Yang Tak Berinovasi

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Tim Job Fit dari Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Prof DR Kgs M Sobri mengaku ada beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten Musi Rawas yang tidak memiliki inovasi dalam bekerja.

“Banyak poin yang kita nilai dalam pelaksanaan Job Fit ini seperti pencapaian kinerja, pengelolaan pendapatan anggaran dan belanja, inovasi-inovasi, kemudian ada juga program-program yang di luar anggaran,” kata M Sobri kepada wartawan Linggau Pos, Selasa (23/1).

Menurut M Sobri, dari poin-poin penilaian tersebut, dapat diketahui kalau ada beberapa kepala OPD yang tidak memiliki inovasi, kemudian ada juga yang tidak bisa bekerja dengan baik.

Namun, lanjut M Sobri, tidak sedikit juga pejabat yang hasil kerjanya selama satu tahun terakhir melebihi target yang ditentukan.

“Karena, pada saat lelang dulu, semua Kepala OPD diberikan tugas sesuai dengan yang direncanakan dalam RPJM, kemudian ada juga yang langsung diarahkan oleh bupati untuk melaksanakan program-program,” ucapnya.

Oleh karena itu, evaluasi ini dilakukan, untuk melihat seberapa jauh pencapaian yang sudah di lakukan oleh kepala OPD.

“Kalau misalnya dalam setahun target yang ditentukan tersebut jauh dari kata tercapai, maka kita bisa melakukan rekomendasi kepada Bupati Musi Rawas diteruskan, dipertimbangkan atau tidak diteruskan sama sekali,” tegasnya.

Karena, poin-poin seperti inovasi, pelaksanaan tugas, kreativitas, karakter dan pengelolaan anggaran sangat dibutuhkan dalam Job Fit ini.

Apalagi, lanjut M Sobri, sesuai dengan yang disampaikan oleh Bupati Musi Rawas, bahwa saat ini kabupaten ini masih berstatus daerah tertinggal, sehingga mengharapkan betul kinerja dari kepala daerah, sebagai bentuk akselerasi.

“Ini penting sekali, kalau OPD-nya tidak bekerja dengan baik, maka sangat berpengaruh terhadap pembangunan daerah. Nanti setelah lima tahun bekerja bupati Musi Rawas dianggap tidak berhasil dalam membangun daerah, maka kinerja bupati jelas diragukan. Makanya, Job Fit ini sangat berpengaruh,” tutupnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita