oleh

Soal Heboh di Cereme, Berikut Penjelasan Jubir Covid-19 Kota Lubuklinggau

LINGGAUPOS.CO.ID – Kamis (26/3/2020) sore sempat beredar pesan berantai di WhatsApp mengenai adanya satu keluarga yang anaknya baru pulang dari Amerika, namun tidak mau melapor. Sehingga sempat membuah heboh netizen.

Biar tidak salah persepsi dan salah duga, berikut penjelasan Jubir Covid-19 Kota Lubuklinggau, dr Jeannita Sri A Purba melalui pers rilis Diskominfo Lubuklinggau.

Dijelaskan Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau menerima telepon dari warga dan pemerintah setempat, dengan data yang kurang lengkap dan membuat seolah berita benar. Kami tidak dapat menghubungi yang bersangkutan (orang yang dilaporkan).

Kemudian, dijelaskannya, petugas kesehatan datang ke Jalan Cereme menggunakan mobil klinik center sesuai prosedur menggunakan APD untuk telusur.  Keluarga yang dikunjungi kaget dengan kerumunan massa dan ada hadir juga pemerintah wilayah setempat. Keadaan keluarga yang akan ditelusur hendak salat ke masjid.

Petugas kesehatan, dijelaskannya telah melakukan wawancara dan pemeriksaan suhu sesuai lembar skrining Covid -19. Hasilnya, keluarga dalam keadaan sehat, suhu normal dan tidak ada keluhan. Pemeriksaan sudah dilakukan terhadap ayah ibu dan anak (tiga orang ).

Pemilik rumah tersebut, yakni Tuan R dan istrinya Ny R, dijelaskan melakukan perjalanan ke Palembang dan Tanjung Pinang serta Jakarta menjemput anak  Nn R, yang bekerja di Jakarta. Pulang  ke  Lubuklinggau 21 Maret 2020. Sudah diedukasi untuk sosial distancing jaga jarak, di rumah dan isolasi mandiri selama 14 hari. Kategori mereka adalah orang dengan resiko, namun bukan ODP.

Petugas kesehatan menyelesaikan penelusuran dan dimintai keterangan. Maka petugas kesehatan tersebut menjawab semampunya dan sudah merasa disudutkan untuk menjawab.

Kasus ini menunjukkan bahwa berita rumor tidaklah benar dan membuat resah masyarakat. Mohon kepada masyarakat jika ingin melaporkan berikan data lengkap dan benar. Berikan nama/tanggal lahir/ alamat lengkap/ no telpon/asal perjalanan/riwayat tinggal selama ini/keluhan.(*)

Sumber: Diskominfo Lubuklinggau

Rekomendasi Berita