oleh

Soal CAT Panwascam Dibuat Bawaslu RI

LINGGAU POS ONLINE– 192 orang berebut untuk menjadi anggota Panitia Pengawas Kecamatan di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Hal itu disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muratara, Munawir, Selasa (3/12).

Rinciannya, Kecamatan Karang Jaya 31 pelamar, Karang Dapo 26 pelamar, Nibung 20 pelamar, Rawas Ulu 48 pelamar, Rawas Ilir 14 pelamar, Ulu Rawas 14 pelamar dan Rupit 39 pelamar.

Ia menjelaskan 12 Desember mendatang, pihaknya akan mengumumkan hasil penelitian administrasi.

“Tetapi sebelumnya, 6-10 Desember kita buka perpanjangan waktu pendaftaran dan 6-11 Desember penelitian administrasi berkas pendaftaran pada waktu perpanjangan,” jelas Munawir.

Sementara untuk tes tertulis 13 Desember mendatang, dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

“Kemungkinan pelaksanaan tes di SMA Plus Bina Satria di Kecamatan Rupit. Karena di sana setelah ditinjau, lebih siap. Sedangkan soalnya, langsung dari Bawaslu RI,” ungkap Munawir.

Dilanjutkan dengan tes wawancara, 12-15 Desember. Panitia seleksi juga akan meminta tanggapan dan masukan dari masyarakat. 18 Desember baru dilakukan pengumuman calon terpilih, berdasarkan dari hasil tes tertulis dan tes wawancara. Harapan kita, yang lulus seleksi betul-betul orang yang profesional, dan mengemban amanah dengan baik.

Sementara Ketua Bawaslu Musi Rawas (Mura), Oktu Reni melalui Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Mura, Herman mengatakan hingga 3 Desember 2019, 312 berkas pelamar sudah masuk ke Bawaslu.

4 Desember mendatang, pihaknya akan mengumumkan penelitian administrasi dan hasilnya pada 12 Desember pengumuman hasil administrasi.

Sementara untuk tes tertulis 13-17 Desember mendatang, dengan sistem CAT dan dilanjutkan wawancara serta pengumuman calon terpilih.

“Untuk pelaksanaan tes belum diketahui. Kalau tidak di SMA ya di universitas. Asal ketersediaan komputernya mencukupi untuk peserta. Sekaligus jaringan internetnya kuat. Kalau soal tes langsung dari Bawaslu RI,” ungkapnya.

Harapan kita, bagi yang lulus seleksi nanti betul-betul orang yang profesional, orang bisa bekerja, cepat terukur dengan keadaan yang ada di Mura,” tambahnya

Untuk Kabupaten Mura untuk Panwascam menerima sebanyak 84 anggota dengan 42 calon dan 42 Pengganti Antar Waktu (PAW).

Yang akan tugas di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Mura dengan satu kecamatan akan ada 6 anggota dengan 3 melaksanakan tugas dan 3 lagi PAW.

Laporan Riena Fitriani Maris/Apriyadi

Rekomendasi Berita