oleh

SMPN L Sidoharjo Tanam 100 Pohon

LINGGAU POS ONLINE, L SIDOHARJO – Setelah dipilih menjadi salah satu titik pantau penilaian Lingkungan hidup, SMP Negeri L Sidoharjo, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas saat ini sedang kiat-kiatnya menata lingkungan sekolah dengan melakukan penanaman 100 pohon di sekitar Lingkungan SMPN L Sidoharjo, Kabupaten Musi Rawas.

Hal ini diungkapkan kepala SMPN L Sidoharjo, Untung Sudarsono kepada wartawati koran ini, Sabtu (4/11). Ia menjelaskan penanaman 100 pohon ini dilakukan Oktober 2017 lalu, yang mana kegiatan ini tidak hanya dibantu dan didukung oleh siswa-siswi tetapi juga bapak ibu dewan guru SMPN L Sidoharjo.

“100 bibit pohon Bunga Tanjung yang kita tanam merupakan bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Musi Rawas yang kita ajukan sebelumnya,” katanya.

Tidak hanya itu, menurut Untung meskipun kegiatan menanam pohon yang dilakukan terlihat kecil namun berharap dapat memberikan dampak positif bagi semua makhluk hidup di dalamnya.
Apalagi, program penanaman 100 pohon ini juga dilakukan SMPN L Sidoharjo dalam rangka merealisasikan program kerja sekolah dalam melestarikan lingkungan sekolah dan juga sebagai perwujudan sekolah dalam menerapkan 9K, yakni Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kerindangan, Kesehatan, Keterbukaan dan Keteladanan, di mana dalam hal ini perwujudan dari pada poin kerindangan.

“Selain itu program ini untuk mengajarkan kepada siswa-siswi untuk mencintai lingkungan, dan sebagai upaya dalam upaya mendidik siswa dengan harapan mereka akan belajar peduli pada hal-hal kecil seperti menanam pohon. Serta ini juga salah satu cara membentuk karakter dan rasa tanggung jawab sekaligus menumbuhkan rasa cinta mereka kepada bumi,” papar Untung.

Dan sebagai titik pantau penilaian lingkungan hidup, SMPN L Sidoharjo yang memiliki jumlah 640 siswa dengan 49 guru dan staf ini, juga melakukan beberapa aksi lainnya. Diantaranya rutin melaksanakan kebersihan sekolah, membuat keran air di depan setiap kelas untuk cuci tangan siswa-siswi, semakin mempercantik taman sekolah dengan tanaman-tanaman baru, dan masih banyak lagi.

“Serta saat ini, sedang berjalan pembangunan 10 WC sekolah atas bantuan dan kerjasama dari komite sekolah. Semoga apa yang kami lakukan ini tidak hanya meningkatkan mutu sekolah tetapi juga dapat mendukung pencapaian Kabupaten Musi Rawas untuk mendapatkan piala adipura nantinya,” harapnya. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita