oleh

SMPN B Srikaton Optimis Bisa Laksanakan UNBK

LINGGAU POS ONLINE, B SRIKATON – SMP Negeri B Srikaton sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pelaksanaannya 2018 mendatang.

Kepada Linggau Pos, Kepala SMP Negeri B Srikaton, Muhsin memastikan optimis dalam pelaksanaan UNBK perdana ini. Karena semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan UNBK ini berangsur-angsur terpenuhi.

“Paling sedikit kita butuhkan 80 Klien (PC ataupun Laptop) untuk pelaksanaan UNBK tahun ini, karena mengingat jumlah kelas IX sebanyak 244 siswa. Dengan rencana pelaksanaan UNBK sebanyak tiga sesi dan terdiri dari dua ruang yang masing-masing berkapasitas 40,” jelasnya.

Lanjutnya, dari 80 unit yang kita butuhkan, 20 unit komputer PC sudah kita miliki ditambah rencananya sekitar 40 unit PC akan dibantu dari Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas.

“Jadi, Insya Allah 60 unit komputer sudah ada untuk pelaksanaan UNBK. Sedangkan kekurangannya kita akan tetap berusaha dengan meminjam laptop guru atau siswa yang mampu, untuk menutupi kekurangan klien yang dibutuhkan dalam pelaksanaan UNBK ini,” lanjutnya.
Sedangkan persiapan lainnya, Muhsin juga mengatakan pihaknya telah menyediakan ruang komputer dan segala bentuk sarana seperti listrik dan jaringan untuk pelaksanaan UNBK ini.

“Dan untuk mengantisipasi mati lampu saat ujian nanti, kita tentunya akan berkoordinasi dengan pihak PLN untuk jaminan listrik saat UNBK berlangsung,” tambahnya.

“Sedangkan untuk operatornya, kita juga sudah memiliki operator yang handal dan berpengalaman, karena sekolah kita ini sering dijadikan tempat untuk pelaksanaan Ujian Kompetisi Guru (UKG). Jadi, operator yang kita miliki tentunya sudah terbiasa dan sangat siap untuk membantu dalam pelaksanaan UNBK ini nantinya,” ungkapnya.

Tidak hanya persiapan sarana dan prasarana saja, SMPN B Srikaton juga terus memotivasi dan memberikan semangat untuk siswa-siswinya yang akan menghadapi UNBK 2018 mendatang.

“Siswa pun kita terus berikan motivasi dan semangat untuk terus giat belajar dan terus berlatih dalam menggunakan komputer. Walaupun sebenarnya siswa-siswi kita ini pastinya sudah terbiasa, karena selain belajar TIK di sekolah. Untuk persiapan selanjutnya kita akan laksanakan ujian Try Out berbasis komputer dan mereka juga akan menghadapi simulasi UNBK dalam beberapa minggu ke depan,” ujarnya.

Muhsin juga menekankan kepada siswa-siswinya agar sering berlatih soal-soal ujian agar menjadi terbiasa dalam pengerjaan soal-soal. Karena pelaksanaan UNBK ini anak-anak dituntut untuk lebih mandiri dan jujur dalam pelaksanaannya.

“Insya Allah semua yang dibutuhkan untuk pelaksanaan UNBK segera terpenuhi dan saya berharap pelaksanaan di SMPN B Srikaton nantinya dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Dan siswa-siswi dapat menghadapi ujian ini dengan mental yang kuat, fisik yang sehat dan jujur. Sehingga apa yang dinginkan dapat tercapai dan menjadi siswa yang lebih baik, cerdas dan berkarakter,” harapnya.

Sebanyak 755 siswa-siswi SMPN B Srikaton telah sukses melaksanakan Ulangan Akhir Semester (UAS) semester ganjil tahun ajaran 2017/2018, pada 4-9 Desember 2017.

“Alhamdulillah, hingga hari kedua ini pelaksanaan UAS di sekolah ini berjalan dengan lancar, semua siswa-siswi serius dan tertib dalam melaksanakan ulangan semester ganjil ini. UAS ini akan dilaksanakan selama satu minggu, di mana dalam satu hari terdiri dari 2 bidang studi yang ujikan. Saya berharap pelaksanaan UAS ini pun dapat berjalan dengan lancar hingga akhir dan siswa-siswi dapat mengerjakan soal ujian dengan baik,” tuturnya.

Dan baru-baru ini, siswa-siwi SMPN B Srikaton juga berhasil menorehkan prestasi, diantaranya Juara 1 Story Telling atas nama Paiza Rahma Kelas VIII dua dan Rizky Prades Kelas IX berhasil meraih Medali Perunggu Cabang Olahraga Renang pada ajang Porprov XI 2017. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita