oleh

SMPN 3 Lubuklinggau Tetapkan Sekolah Daring Melalui Aplikasi

LINGGAUPOS.CO.ID- Kegiatan belajar mengajar (KBM) tahun ajaran 2020/2021 rata-rata berbasis Dalam Jaringan (Daring). Hal ini pula diterapkan di SMPN 3 Lubuklinggau.

Kepala SMPN 3 Lubuklinggau, Endang Budiman kepada linggaupos.co.id mengatakan KBM daring diterapkannya mengacu pada surat edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (RI) dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau serta pedoman penyelenggaraan pendidikan pada masa pademi covid19, yang dikeluarkan SMPN 3 Lubuklinggau, Jumat (24/7/2020).

Endang mengatakan, “Aplikasi yang digunakan dalam pembelajaran daring ini adalah aplikasi WhatsApp dan Google Meet,” ungkapnya.

Kegunaan dari aplikasi WhatsApp yakni untuk menyampaikan materi kepada seluruh pelajar yang dilakukan oleh seluruh guru mata pelajaran di sekolah. Kemudian untuk kegunaan dari google meet yakni untuk memberikan soal-soal yang dikerjakan oleh pelajar.

“Untuk persiapan kegiatan belajar daring sudah satu minggu yang lalu dan mulai aktif belajar daringnya mulai Senin 20 Juli 2020 dengan menggunakan aplikasi WhatsApp dan Google Meet,” katanya.

Endang menambahkan guru disini tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) disekolah dan untuk pelajar tetap belajar daring di rumah.

Untuk daring guru juga melakukan pembelajaran menggunakan aplikasi telegram, google meet dan
bagi pelajar yang belum memiliki handphone pelajar diharapkan datang ke sekolah langsung belajar bersama guru disekolah.

Guru juga melakukan pembelajaran luring melalui Radio Anak Oke Linggau, mulai luringnya pukul 08.00 Wib hingga pukul 09.00 Wib, untuk jadwal setiap senin hingga jumat dan materi pembelajarannya juga berbeda.

Untuk sarana dan prasarana disekolah ini yakni perpustakaan, laboratorium IPA, mushola, ruang bimbingan konseling dan ruang UKS. During mulai pembelajaran pukul 08.00 Wib hingga pukul 12.30 Wib.

“Harapan kami dengan adanya pembelajaran daring ini guru-guru dan pelajar bisa belajar banyak tentang Ilmu Teknologi (IT), supaya lebih paham dan pelajar pun juga aktif dalam kegiatan belajar daring ini dan semoga covid19 cepat berlalu sehingga kegiatan belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik dan semoga bisa bertatap muka seperti dulu lagi,” harapnya.(*)

Rekomendasi Berita