oleh

SMPN 1 Peringati Malulid Nabi Muhammad SAW

Sunah Rasulullah Sebagai Teladan Pemuda

LINGGAU POS ONLINE, PASAR PEMIRI – Sebagai wujud kegembiraan dan rasa cinta kepada Rasulullah SAW, keluarga besar SMP Negeri 1 Lubuklinggau menggelar peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriah. Acara dihadiri seluruh guru dan siswa di lapangan SMP Negeri 1 Lubuklinggau, Jumat (8/12).

Dalam acara tersebut, hadir Kepala SMP Negeri 1 Lubuklinggau, Yani Jinawar, penceramah Ustadz Asmadi dari Pondok Pesantren Al Madani, guru-guru, staf dan siswa-siswi SMP Negeri 1 Lubuklinggau, yang kesemuanya mengenakan busana muslim bebas pantas.

Dalam tausyiahnya, Ustadz Asmadi mengatakan momen ini sebagai pengingat untuk siswa-siswi akan akhlak Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Bahkan Rasulullah SAW tetap berpegang teguh dan mengutamakan kearifannya di tengah sulitnya menyebarkan agama Allah SWT.

“Untuk itu, saya berpesan kepada siswa-siswi agar senantiasa menjadikan Rasulullah sebagai teladan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, dan selalu berupaya dalam menjalankan sunah Rasul Allah. Agar di dalam kehidupan ini, siswa-siswi semua dapat terhindar dari hal-hal negatif di tengah perkembangan zaman saat ini, seperti pergaulan bebas, narkoba, kenakalan remaja, nikah muda dan lainnya,” jelasnya.

Lanjutnya, dan mengikuti kemajuan zaman boleh saja, asal bisa membawa manfaat, dan jika jauh dari manfaat jangan terlalu menggemari dan menghabiskan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Lubuklinggau, Yani Jinawar menambahkan agar di tengah era zaman canggih saat ini, siswa-siswi dapat lebih pintar dalam memfilter atau menyaring hal-hal positif dari perkembangan teknologi saat ini.

“Anak-anak harus lebih pandai memilih dan memilah hal-hal yang baik dalam kemajuan teknologi saat ini. Dan saya berharap peringatan maulid nabi ini dapat lebih mencerahkan pemikiran anak saat ini agar tidak terpengaruh dengan hal-hal yang buruk. Dan siswa-siswi dapat meneladani akhlak Rasulullah,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, selain itu peringatan maulid ini agar siswa tidak meninggalkan sejarah, dapat menggali lebih dalam sejarah agar tidak terlepas dari koridor Islam. Sehingga mereka bisa mengambil manfaat yang baik dari sejarah tersebut dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Yani juga menjelaskan selain mengadakan kegiatan rutin hari besar keagamaan seperti maulid Nabi Muhammad SAW, Isra Mikraj, tahun baru Islam dan lainnya. SMP Negeri 1 Lubuklinggau juga rutin melaksanakan kegiatan Jumat keagamaan setiap minggunya.

“Iya, kita rutin melaksanakan kegiatan keagamaan setiap Jumat. Setiap bulannya, Jumat pertama kegiatan senam, Jumat kedua kegiatan Salat Dhuha bersama, Jumat ketiga baca Surah Yasin bersama dan doa bersama, sedangkan Jumat keempat diisi dengan kegiatan ceramah agama yang mengundang penceramah dari luar sekolah. Sedangkan tausyiah agama di Jumat-Jumat lainnya diisi oleh guru-guru di sekolah,” paparnya.

Yani berharap dengan kegiatan keagamaan di setiap Jumat ini, dapat memfilterisasi pengaruh-pengaruh buruk yang masuk. Dan dapat mengurangi maupun mencegah kenakalan-kenakalan remaja.

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini juga dimeriahkan oleh penampilan rebana dengan lagu-lagu Islami dari anak-anak Rohis SMP Negeri 1 Lubuklinggau.(AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita