oleh

SMPN 1 Gelar Lomba Gerakan Literasi Sekolah

LINGGAU POS ONLINE, PASAR PEMIRI – Kemarin, SMP Negeri 1 Lubuklinggau menggelar lomba gerakan literasi sekolah (GLS) yang diikuti lima sekolah imbas dari sekolah rujukan SMP Negeri 1 di Aula kelas SMP Negeri 1 Lubuklinggau, dalam upaya pemberian ruang bagi kreativitas dan potensi siswa SMP di bidang literasi, Rabu (1/11).

Pada acara pembukaan hadir Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Lubuklinggau H Tamri, yang diwakili Kabid Dikdas DR Virry Grinitha, Kepala SMP Negeri 1 Lubuklinggau Yani Jinawar, Waka Kesiswaan SMP Negeri 1 Dra Miskiyah, Waka Kurikulum SMP Negeri 1 Agus Wahyudin, beserta guru panitia pelaksana beserta guru pembimbing dan peserta lomba GLS Tahun 2017 dari lima sekolah imbas SMP Negeri 1, yakni SMP Negeri 3, 7, 11, 12, dan 13 Lubuklinggau.

Kepada Linggau Pos, Kepala SMP Negeri 1 Lubuklinggau Yani Jinawar melalui Waka Kesiswaannya, Dra Miskiyah mengungkapkan kegiatan lomba GLS ini merupakan salah satu program SMP Negeri 1 Lubuklinggau sebagai sekolah rujukan. Dengan tujuan, pertama, mendorong dan mengembangkan potensi siswa serta menyalurkan minat dan bakat sesuai dalam seni berbicara dan memupuk kreativitas siswa dalam berbicara, serta membentuk karakter siswa dan kecintaannya terhadap bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa.

Kedua, meningkatkan pengetahuan dan kecintaan siswa terhadap sastra dan bahasa Indonesia sebagai kebanggaan nasional dan sarana untuk membentuk sikap terpuji, produktif dan inovatif melalui aktivitas literasi. Dan ketiga, untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta terjalinnya komunikasi yang baik di antara siswa seluruh Indonesia.

“Lomba GLS ini meliputi tiga jenis lomba, yaitu lomba kreativitas cerita Berbahasa Inggris (story telling), lomba debat Bahasa Indonesia dan lomba cipta cerpen berbahasa Indonesia. Dan lomba GLS ini akan dilombakan hingga tingkat Nasional, di mana pemenang kegiatan hari ini akan mewakili Kota Lubuklinggau di tingkat Provinsi Sumatera Selatan pada awal November ini,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk lomba GLS yang kita gelar hari ini diikuti sekolah imbas SMP Negeri 1 sebagai sekolah rujukan, yakni SMP Negeri 3, 7, 11, 12,13 Lubuklinggau yang mana masing-masing sekolah mengirim satu peserta untuk setiap cabang lomba.

Sebelum resmi membuka secara resmi kegiatan GLS ini, dalam arahannya Kabid Dikdas, Virry Grinitha mengatakan sangat apresiasi dengan kegiatan yang di gelar SMP Negeri 1 sebagi sekolah rujukan, dan sangat mendukung kegiatan ini.

“Untuk itu, saya berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, jaga sportivitas dan kepada dewan juri agar dapat berlaku secara jujur dan objektif. Semoga yang memenangkan kegiatan GLS ini nantinya akan mengharumkan Kota Lubuklinggau di kancah provinsi maupun nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Yani Jinawar menambahkan jika kegiatan lomba GLS ini juri-jurinya dipilih dari guru – guru yang berkompeten di bidangnya.

“Dan saya juga berharap guru yang dipilih sebagai juri baik dari luar sekolah maupun dari SMP Negeri 1 dapat melaksanakan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, dan objektif. Karena kita ingin mengirimkan siswa yang benar-benar kompeten untuk mengikuti tahap lomba literasi selanjutnya,” ungkapnya.

Yani juga berharap, kegiatan ini dapat membangkitkan kembali gerakan literasi yang selama ini sempat vakum di beberapa sekolah.

“Karena menghidupkan kembali program literasi di sekolah adalah tanggung jawab sekolah. Dan diharapkan juga lomba ini mampu menggali dan melihat sejauh mana potensi literasi siswa-siswi baik di sekolah rujukan maupun imbas, serta meningkatkan kreativitas siswa dalam literasi,” harapnya. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita