oleh

SMP Muhammadiyah Tingkatkan Kualitas Guru Bidang IT

LINGGAU POS ONLINE, BANDUNG KIRI – Kemarin (4/12), bertepatan dengan 15 Rabiul Awal 1439 Hijriah, keluarga besar SMP Muhammadiyah Lubuklinggau menggelar workshop Informasi Teknologi (IT) yang diikuti seluruh guru dan staf SMP Muhammadiyah. Acara berlangsung di ruang Laboratorium Komputer SMP Muhammadiyah, Senin (4/12).

Kepada Linggau Pos, Kepala SMP Muhammadiyah, Horasni menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Muhammadiyah Lubuklinggau, khususnya di bidang IT.

“Apalagi, untuk tahun kita telah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang mana siswa-siswi diharuskan memiliki wawasan dan pengetahuan yang lebih baik mengenai IT. Nah, untuk itulah kita laksanakan workshop ini, agar tidak hanya siswa saja yang berkembang, guru-guru SMP Muhammadiyah harus mengalami perkembangan pengetahuan di bidang IT,” jelasnya.

Horasni juga sangat bersyukur sekali kegiatan ini mendapat antusias dari semua guru dan stafnya.

“Alhamdulillah, 37 guru dan staf kita semuanya antusias mengikuti kegiatan ini, workshop ini kita laksanakan satu hari ini dengan beberapa materi diantaranya teknis pembuatan soal menggunakan komputer secara sederhana dan efisien, pembuatan analisis dan program semester, teknis membuat power point, dan teknik pemasangan infocus,”paparnya.

Materi-materi ini yang kita rasakan sangat dibutuhkan oleh guru-guru dan staf, tambah Horasni. Oleh karena itu diharapkan setelah workshop ini guru-guru dapat lebih efisien dan sederhana dalam membuat soal ujian, misalnya yang selama ini membuat soal bisa sampai 4-5 lembar dengan teknis yang diajarkan bisa lebih efisien menjadi 2-3 lembar.

“Selain itu, para guru juga bisa dalam membuat analisis program semester dengan membuat kolom-kolom, guru bisa membuat power point untuk memudahkan mereka dalam mengajar, bisa memasang perangkat infocus dan pengetahuan IT lainnya yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas serta mutu guru-guru di SMP Muhammadiyah,”ungkapnya.

Kegiatan workshop peningkatan kualitas guru SMP Muhammadiyah ini diisi pemateri dari pihak intern sekolah, meliputi operator sekolah Marina, S.Kom dan Redi Saputra, ST.

“Pada kegiatan ini kita memberdayakan guru dan staf kita yang berkompeten di bidangnya untuk mengajarkan kepada rekan-rekannya mengenai IT. Sehingga guru dan staf kita dapat mengikuti kegiatan ini dengan lancar dan tanpa takut untuk bertanya,”ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Horasni berharap kepada semua guru dan stafnya agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya.

“Ikutilah kegiatan ini dengan baik, dan pesan saya agar guru jangan takut dengan hal-hal yang baru, teruslah belajar dan mengikuti perkembangan zaman. Karena guru harus terus dapat berkembang dan harus menjalankan kegiatan dan tanggung jawab dengan hati dan penuh ikhlas. Dan syukurnya guru dan staf SMP Muhammadiyah memiliki kesadaran untuk berkembang ke arah yang lebih baik lagi,” harapnya. (AE02).

Komentar

Rekomendasi Berita