oleh

SMKN Rawas Ulu Terus Berbenah Menuju The Trully School

LINGGAU POS ONLINE, RAWAS ULU – SMK Negeri Rawas Ulu merupakan pertama dan satu-satunya SMK di Kabupaten Muratara (Muratara). Berdiri pada tahun 2012 dan menempati gedung sendiri tahun 2013. SMK ini sejak awal dipimpin oleh Edy Sutriono.

Pada awalnya SMK yang berada di Desa Sungai Jauh Kecamatan Rawas Ulu ini menyelenggarakan pendidikan dengan 2 program keahlian yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dengan jumlah siswa pada awalnya sebanyak 107 siswa.

Saat ini SMK Negeri Rawas Ulu telah berkembang cukup pesat, memiliki 4 program keahlian dan 717 siswa di mana semua program keahlian telah terakreditasi dengan nilai B.

“Alhamdulillah, meski berada di daerah baru dan berusia relatif muda, berbagai prestasi di tingkat kabupaten dan provinsi bahkan beberapa diantaranya sudah berhasil masuk ke level nasional diraih anak-anak kami,” jelas Edy Sutriono, kemarin.

Artinya, pencapaian tersebut sudah selaras dengan visi SMKN Rawas Ulu, yakni BISA SMART.

“Iya, jadi memang visi kami Terwujudnya Generasi BISA SMART (Budi Pekerti Luhur, Ilmu mumpuni, Semangat Berprestasi, dengan Asa Tinggi–Sukses Meraih Arah dan Tujuan),” papar Edy.

Penting diketahui, beberapa prestasi yang dicapai tingkat Kabupaten dan sekitarnya, diantaranya Juara 1 LCC Perpajakan KPP Pratama Lubuklinggau Tahun 2014, Juara 1 dan 2 LCC Perpajakan KPP Pratama Lubuklinggau Tahun 2015, Juara 1 dan 2 LCC Sejarah STKIP-PGRI Lubuklinggau Tahun 2015, Juara 1 Debat PAI tingkat SMA/SMK Kabupaten Musi Rawas dan Muratara Tahun 2015, Juara 1 Tari Daerah Putra Festival Budaya Daerah Kabupaten Muratara Tahun 2016, Juara 2 Lagu Daerah Putri, dan Juara 3 Lagu Daerah Putra, Juara 3 Tembang Batang Hari Sembilan Festival Budaya Daerah Kabupaten Muratara Tahun 2016.

Selain itu, diraih juga Juara 1 Volly Putra, Juara 1 Badminton Putra dan Juara 3 Volly Putri dan Tingkat SMA/SMK se-Muratara HUT RI ke-71 Disdikbud Muratara Tahun 2016, Juara 2 LCC Sejarah STKIP-PGRI LubuklinggauTahun 2016, Juara 1 dan 2 Badminton Putra Tahun 2016 di SMAN Muara Kelingi Tahun 2016, dan Juara 1 Pusat Informasi Konseling Remaja Kabupaten Muratara.

Tak hanya itu, siswa-siswi SMKN Rawas Ulu juga meraih Juara 2 Gerak Jalan Indah–Putra HUT RI Ke-72 Kabupaten Muratara Tahun 2017, Juara 2 CiptaPuisi – HANI BNN Kota Lubuklinggau Tahun 2017, Juara 3 Tari Daerah Putra Festival Budaya Daerah Kabupaten Muratara Tahun 2017, dan Juara 2 Lagu Daerah Festival Budaya Daerah Kabupaten Muratara Tahun 2017.

Masih di Tahun 2017, SMKN Rawas Ulu mendapatkan Juara 2 Tembang Daerah Putra Festival Budaya Daerah Kabupaten Muratara Tahun 2017, serta Juara 1 dan 2 Karya Ilmiah Pemuda Dispora Muratara Tahun 2017.

Serta Juara 2 Kreasi dari Bahan Bekas Dispora Muratara Tahun 2017, memperoleh 3 emas, 4 perak, dan 3 perunggu pada Kejuaraan Taekwondo Tingkat Pelajar Kabupaten Sarolangun Jambi Tahun 2017.

Bidang keagamaan, siswa-siswi SMKN Rawas Ulu Juara 1 MTQ Putra, Juara 2 Hafidz Juz 30 Putri, dan Juara Harapan 1 MTQ Putri Pada Lomba Antar SMA/SMK/MA Kabupaten Muratara di SMAN Surulangun dan Tampil tari dalam berbagai acara tingkat Kabupaten Muratara Tahun 2016 dan 2017.

Sementara tingkat prestasi Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tampil pada Festival Basemah XII Kota Pagaralam Tahun 2014, tampil di Festival Gendang Melayu Lubuklinggau Tahun 2014, Juara 2 Cabang Lomba TTG pada Pershanda Unsri Tahun 2015, Juara 1 Lomba TTG Pershanda Unsri Tahun 2016, dan Juara 2 Kimia OSTN SMK Tahun 2015.

Selain itu, masih di tingkat Sumsel, anak-anak SMKN Rawas Ulu juga meraih Juara 2 Matematika pada OSTN SMK Tahun 2015, Juara 2 Kimia OSTN SMK Tahun 2015, Juara 3 Fisika pada OSTN SMK Tahun 2015, Juara II Musik Tradisional FLS2N SMK Tahun 2015, Juara II Teater FLS2N SMK Tahun 2015, Juara III Badiminton Putra O2SN SMK Tahun 2015, dan Juara III LKS Bidang Automobile Technology Tahun 2015.

Ada juga raihan Juara IV Debat Bahasa Indonesia tingkat SMK Provinsi Sumsel Tahun 2015, Juara Harapan 1 Tarif Radisional, Juara Harapan 1 Musik Etnik, dan Juara 3 Fashion Show Festival Budaya Pelajar SMA/SMK Sumsel Tahun 2015, tampil dalam Festival Basemah Kota Pagaralam Tahun 2016, siswa SMKN Rawas Ulu tergabung dalam tim kesenian Muratara pada Festival Sriwijaya Tahun 2016, serta Juara Umum Festival Budaya Pelajar SMA/SMK se-Sumsel Tahun 2016, tampil pada Festival Gendang Melayu Kota Lubuklinggau Tahun 2016.

Lebih menarik lagi, siswa-siswi SMKN Rawas Ulu juga pernah mengikuti Jambore Pemuda Daerah Provinsi Sumsel Tahun 2016, Mengikuti Raimuna daerah Kwarda Pramuka Sumsel Tahun 2016, mengikuti jambore teknologi tepat guna Provinsi Sumsel di Lahat Tahun 2016, Juara III LKS Automobile Technology LKS SMK Provinsi Sumsel Tahun 2017, Juara Harapan III Enterpreneurship SMK Tahun 2017, dan Juara II Cabang Lomba Renang O2SN SMK Tahun 2017. Masih di O2SN, mereka meraih Juara III Panca Lomba Atletik Putra O2SN SMK Tahun 2017, mengikuti jambore pemuda Daerah Provinsi Sumsel Tahun 2017, Juara 3 Kreasi Seni SMK Provinsi Sumsel Tahun 2017, seorang siswa terpilih sebagai Paskibraka Provinsi Sumsel Tahun 2017, mengikuti jambore TTG Provinsi Sumsel di Kayu Agung Tahun 2017, Juara III LKS Automobile Technology LKS SMK Provinsi Sumsel Tahun 2017, Juara 1 Pentas PAI Kemenag Sumsel Cabang Lomba Pidato Bahasa Indonesia-Putra Tahun 2017, dan Juara II Dai Putri pada Gebyar Anak Rohis IV Sumbangsel di Muaraenim Tahun 2017.

Selain itu, siswa-siswi SMKN Rawas Ulu juga mendapatkan Juara III Arransemen lagu sekolah model yang dilaksanakan LPMP Provinsi Sumsel Tahun 2017, Juara IV Volly Putra SMA/SMA/MA Caroline Cup Tahun 2017, dan Juara beberapa cabang Pramuka di Perkemahan Persandha Unsri, STKIP-PGRI Lubuklinggau, serta SMPN 2 Lubuklinggau

Sementara di tingkat Regional dan Nasional SMKN Rawas Ulu pernah mewakili Provinsi Sumsel pada Debat PAI tingkat Nasional Tahun 2015, mengikuti pelatihan pramuka tingkat nasional Tahun 2015, mengikuti acara International Scout Camp Minangkabau Tahun 2015, tergabung dalam tim kesenian Muratara pada Festival Kemerdekaan RI ke-71 di Danau Toba Sumut Tahun 2016, mengikuti kegiatan Jetradadi Padang Tahun 2017, mengikuti Raimuna Nasional Tahun 2017, mewakili Provinsi Sumsel pada Salatiga Fashion and Food Festival Tahun 2017 dan Mewakili Provinsi Sumsel pada Pentas PAI Tingkat Nasional cabang Lomba Pidato Putra Tahun 2017

Pencapaian prestasi tadi membuat SMKN Rawas Ulu terus berinovasi. Salah satunya dengan membuat dan mengimplementasikan program unggulan. Yakni, mulai tahun pelajaran 2016/2017 semua siswa harus hafal Alquran juz 30, Sertifikasi kemampuan praktik keagamaan (salat, azan, doa dan mengaji), Melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejak Tahun pelajaran 2016/2017 dan akan dilanjutkan dengan Ujian Sekolah Berbasis Komputer/Android.

“Kami juga akan melakukan pembinaan khusus pada siswa dalam mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN),” jelasnya.

Selain itu SMKN Rawas Ulu juga menggelar safari Ramadhan keliling masjid di daerah Rawas Ulu dan sekitarnya, Pembinaan minat dan bakat peserta didik melalui beragam program ekstrakurikuler, dan Pembiasaan Salat Zuhur berjamaah dan Salat Duha dan membangun pojok baca kelas.

Target kami, mewujudkan The Truly School, menjadi sekolah yang sehat berwawasan lingkungan, mampu mengembangkan karakter unggul peserta didik, memiliki jaringan kerjasama yang baik dengan berbagai dunia usaha dan dunia industri baik terkait dengan pembelajaran maupun penyaluran lulusan pada dunia kerja, serta pembelajaran yang menyenangkan berbasis IT.

“Selain itu, kami menarget mengembangkan program studi baru Animasi atau multimedia, masuk dalam 10 besar nilai UNBK tertinggi di Provinsi Sumsel, jumlah lulusan yang masuk PTN meningkat, mengembangkan ekstrakulikuler robotik dan film, serta rekrutmen lulusan SMP/MTs berprestasi dengan bebas segala biaya sekolah sebagai persiapan mewujudkan sekolah unggul dalam segala bidang. Kami juga optimis bisa menjadi pusat pengembangan kebudayaan generasi muda Muratara,” imbuhnya.

Di tengah perjuangan untuk merealisasikan program unggulan tadi, ternyata SMKN Rawas Ulu telah mendata tantangan yang kerap dihadapi selama proses pelayanan pendidikan. Diantaranya, rata-rata orang tua/wali peserta didik dari kelas ekonomi menengah ke bawah, dengan budaya belajar dan berprestasi peserta didik yang belum merata.

Selain itu, hanya 3 guru dan pegawai yang berstatus PNS. Lebih prihatin lagi karena jarak tempat tinggal siswa relatif jauh dengan sekolah.

“Yang membuat kami cukup khawatir ini, masih tingginya gangguan terhadap pengguna jalan bermotor,” imbuhnya.

Menghadapi kendala tersebut, SMKN Rawas Ulu melakukan strategi yang telah dan akan diambil. Diantaranya, subsidi silang pembiayaan sekolah, optimalisasi dan penggalian potensi pemasukan dana sekolah, dan peningkatan kompetensi dan berprestasi pada semua warga sekolah. Selain itu, dilakukan pula penataan lingkungan yang sehat, asri dan nyaman

“Kami juga terus melakukan pemenuhan sarana prasarana sekolah dan memfungsikannya secara optimal, peningkatan kerjasama dengan berbagai stakeholder dari lingkungan desa hingga pemerintah pusat dalam usaha penciptaan dukungan dai berbagai bidang penyelenggaraan pendidikan,” imbuhnya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita