oleh

SMKN 2 Utamakan Input Berkualitas

LINGGAU POS ONLINE, LUBUK AMAN – Penerimaan Siswa Baru (PSB) Tingkat SMA/SMK Negeri Tahun Ajaran 2018/2019 sudah di depan mata. Bagi kamu yang akan mendaftar ke SMKN 2 Lubuklinggau, sekolah terakreditasi A ini akan memperketat syarat masuk.

“Yang pasti, tahun ini yang diutamakan bukan kuantitasnya. Namun kualitasnya. Tahun lalu kami buka 12 lokal. Tahun ini hanya 10 lokal, untuk siswa baru,” jelas Kepala SMKN 2 Lubuklinggau, Eriani, Jumat (6/4).

Per lokal, maksimal hanya akan diisi 36 siswa-siswi. Rinciannya, Program Keahlian Akomodasi Perhotelan enam lokal, Program Keahlian Tata Boga dua lokal dan Program Keahlian Tata Busana dua lokal.

“Sistemnya, selain pendaftaran, mereka juga harus tes tertulis diakhiri dengan wawancara. Interview bukan hanya diikuti siswa. Namun juga wawancara dengan orang tuanya, sekalian kami mau melihat komitmen orang tua, anaknya dimasukkan ke SMKN 2 Lubuklinggau tujuannya apa,” terang Eriani.

Eriani membenarkan, beberapa tahun lalu SMKN 2 Lubuklinggau memang sedang berusaha menggaungkan nama sekolah.

“Alhamdulillah, sekarang berdasarkan data dari seminar di Bali SMKN 2 Lubuklinggau memang sudah bergaung di tingkat Nasional. Ini sudah dibuktikan oleh Direktorat Jenderal Pembina SMK bahwa SMKN 2 Lubuklinggau bisa diperhitungkan,” tuturnya.

Artinya, lanjut Eriani, siswa baru yang bisa masuk SMKN 2 Lubuklinggau Tahun Ajaran 2018/2019 benar-benar akan dipertimbangkan kualitas IQ-nya, sikapnya, dan cara pandangnya terhadap SMK seperti apa.

“Sama nggak dengan visi dan misi SMKN 2 Lubuklinggau. Kalaupun pemahaman mereka belum sempurna, minimal mendekati,” jelas Eriani lagi.

Bahkan, meskipun UNBK telah selesai, dalam waktu Asesor Tingkat Nasional akan menguji siswa-siswi SMKN 2 Lubuklinggau.

“Yang diuji tidak semua, tapi ada lima perwakilan siswa boga, empat perwakilan siswa Administrasi Perhotelan dan empat perwakilan siswa Tata Busana. Dari hasil pengujian asesor ini, kalau mereka lulus, bisa langsung berkarier di Aston Jepang, Aston Malaysia dan kelas Asia.

“Mohon doanya. Agar PSB tahun ini sukses. Dan kami bisa mengantarkan alumni jadi insan yang lebih bermanfaat ke depan,” jelasnya.(02)

Rekomendasi Berita