oleh

SMKN 1 Simulasi UNBK

LINGGAU POS ONLINE, MEGANG – Selama dua hari, pada 6-7 November 2017 SMK Negeri 1 Lubuklinggau telah melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahap pertama yang diikuti 340 siswa-siswi kelas XII (dua belas) yang akan mengikuti UNBK pada April 2018 mendatang.

Kepada Linggau Pos, Kepala SMK Negeri 1 Lubuklinggau, Puguh Purnomo melalui Waka Kurikulum, Candra Kelana mengatakan bahwa terdapat 120 unit hardware atau komputer yang disediakan SMK Negeri 1 untuk pelaksanaan UNBK ini.

“Masih seperti pelaksanaan UNBK tahun lalu, 120 unit komputer dan 4 unit server ini kita bagi menjadi empat ruangan, di mana masing-masing ruangan terdiri dari 30 unit komputer. Untuk tahapan ujiannya, sama seperti simulasi ini, pelaksanaan UNBK akan kita jadwalkan menjadi tiga sesi,” katanya.

Lanjutnya, dan pelaksanaan simulasi ini akan dilakukan sebanyak 3 kali, dan untuk kali pertama ini ada 3 bidang studi yang disimulasikan selama dua hari ini, yakni Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

“Alhamdulillah pada simulasi pertama ini berjalan dengan lancar, karena semua siswa kita melaksanakan simulasi ini dengan enjoy dan tidak canggung lagi, mungkin karena terbiasa praktek komputer. Dan untuk simulasi berikutnya, kita menunggu jadwal dari pusat, yang insya Allah akan dilaksanakan pada bulan satu dan tiga mendatang,” ungkap Candra.

Sementara itu, Puguh Purnomo menjelaskan bahwa pelaksanaan simulasi UNBK ini serentak dilaksanakan Se Indonesia, dan sesuai jadwal yang diinstruksikan dari pusat. Dan juga bersyukur pelaksanaan simulasi ini berjalan dengan lancar.

“Pelaksanaan simulasi dua hari ini lancar tidak ada kendala yang berarti apapun, hanya saja ada sedikit kendala dari pusat, tetapi tidak mempengaruhi sama sekali, hanya ada sedikit pergeseran waktu pelaksanaannya saja. Dan untuk keseluruhan sudah fix, dan SMK Negeri 1 100 % sudah siap dalam pelaksanaan UNBK April 2018 mendatang,” jelasnya.

Puguh juga memaparkan bahwa tahun ini, tidak hanya ujian nasional saja yang berbasis komputer. Tetapi untuk pelaksanaan ujian lainnya khusus bidang studi yang di UN-kan, semua guru harus melaksanakannya berbasis komputer.

“Iya, jika tahun lalu hanya UN saja yang berbasis komputer, tahun ini dimulai pada semester genap ini, baik itu ulangan harian, ujian tengah semester dan ujian akhir semester, guru SMK Negeri 1 juga akan melaksanakannya dengan berbasis komputer. Tetapi khusus untuk bidang studi yang UN-kan saja,”ucap Puguh.

Ini dilakukan, lanjut Puguh, agar siswa-siswi SMK Negeri 1 terbiasa dalam pelaksanaan ujian berbasis komputer. Selain itu juga untuk menambah kesiapan mental anak dalam menghadapi UNBK yang mengujikan empat bidang studi yang di UN-kan tersebut.

Dan mengenai sejumlah sekolah yang melaksanakan UNBK di SMK Negeri 1, Puguh Purnomo mengatakan sangat menyambut baik dan pihaknya sangat senang bisa membantu sekolah lain dalam melaksanakan UNBK di SMK Negeri 1 Lubuklinggau.

“SMK Negeri 1 selalu menerima dengan terbuka dalam membantu anak-anak bangsa, siapa pun akan siap kita bantu yang tentunya sesuai dengan kapasitas SMK Negeri 1 Lubuklinggau. Dan sesuai surat yang masuk dan untungnya memiliki jadwal UNBK yang tidak sama, tahun ini ada 3 SMA dan 1 SMP yang siap kita bantu dalam pelaksanaan UNBK tahun ini,”tuturnya.

Diantaranya, SMA Negeri 7, 8 dan 9 Lubuklinggau serta SMP Negeri 1 Lubuklinggau yang akan melaksanakan UNBK di SMK Negeri 1 Lubuklinggau.

“Untuk SMAN 7,8 dan 9, akan kami handel pelaksanaannya mulai dari penggunaan jaringan, komputer bahkan ruangannya. Lain halnya dengan SMPN 1, mereka akan menambah satu ruangan untuk menambah fasilitas yang di SMK Negeri 1, mengingat jumlah siswa SMK Negeri 1 yang cukup banyak. Untuk itu kami tidak bisa membantu SMP lainnya,” imbuhnya.

Puguh berharap semoga pelaksanaan UNBK tahun ini akan berjalan lancar dan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

“Dan pesan saya kepada siswa-siswi, khususnya kelas XII, agar mulai saat ini lebih giat lagi dalam belajar, jaga kesehatan dan jauhi hal-hal yang dapat merusak konsentrasi belajar. Semoga UNBK tahun ini akan menghasilkan hasil yang maksimal dan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” harapnya. (AE02)

Komentar

Rekomendasi Berita