oleh

SMK Yadika Buka Kelas Unggulan

LINGGAU POS ONLINE – LUBUKLINGGAU – Tahun Ajaran 2019/2020 SMK Yadika punya program unggulan. Salah satunya, siswa kelas XI dan XII tak lagi enam hari sekolah. Melainkan tiga hari saja di sekolah, dan tiga hari di dunia usaha maupun dunia industri.

“Jadi, mulai tahun ajaran baru ini, SMK Yadika punya program unggulan. Nanti, kami bentuk tiga kelas khusus. Pertama, kelas industri, kedua kelas kewirausahaan dan ketiga kelas reguler,” papar CH Ibramsyah selaku Kepala SMK Yadika Lubuklinggau, Selasa (16/7).

Untuk kelas industri, setiap peserta didik kelas XI dan XII seluruh jurusan yang ada di SMK Yadika berkesempatan mengikuti program unggulan ini.

“Caranya, nanti mereka akan mendaftarkan diri (memasukkan lamaran kerja) ke salah satu dunia industri yang sudah bekerja sama (MoU) dengan SMK Yadika. Siswa bakal mengikuti seleksi. Hanya mereka yang sesuai kualifikasi yang ditetapkan dunia industri yang bersangkutanlah yang bisa mengikuti kelas industri di sana. Misal, siswa Jurusan Akomodasi Perhotelan, mau ikut kelas industri di Hotel Dafam. Maka SMK Yadika akan menjalin MoU terlebih dahulu. Lalu siswa berapapun yang minat, bisa mengajukan lamaran ke Hotel Dafam maupun Bursa Kerja Khusus SMK Yadika. Proses seleksi kami serahkan ke Hotel Dafam. Jika sesuai kriteria yang ditetapkan Hotel Dafam, maka barulah si anak ini ikut kelas industri di sana. Jadi Senin-Rabu dia sekolah. Kamis-Sabtu si anak ini praktik industri di Hotel Dafam. Seragamnya pun menyesuaikan dengan tempat mereka praktik. Jika ternyata kinerjanya kurang bagus, maka Manajemen Hotel Dafam diperkenankan mengembalikan si anak ke sekolah. Namun ketika bagus, anak ini akan langsung direkrut jadi karyawan Hotel Dafam. Kami adakan kelas industri ini untuk menyiapkan siswa-siswi yang benar-benar serius ingin bekerja selepas lulus SMK Yadika. Ketika selama kelas XI dan XII mereka ikut kelas ini, kami yakin skill mereka lebih terasah dan mudah beradaptasi dengan industri yang diikuti,” papar CH Ibramsyah.
Kedua, kelas kewirausahaan.

Ia menjelaskan, kelas ini dibuka untuk menyiapkan alumni SMK Yadika yang berjiwa entrepreneur.

“Fokus kami, membangun kemandirian dan keberanian siswa dalam menjual produk. Jadi nanti akan kami beri tantangan ke siswa ini untuk mengeksplore potensi di sekitar lingkungannya, untuk jadi produk/jasa yang bisa dijual dengan branding mereka sendiri. Tak hanya pasar offline. Mereka juga kami beri keleluasaan untuk memasarkan produk secara online. Dengan diadakannya kelas ini, kami yakin akan sangat strategis membangun SDM yang kreatif dan berani dalam menghadapi tantangan pasar global. Dan kami yakin, mereka bisa jadi juragan usia muda,” terangnya.

Sementara bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, akan diarahkan mengikuti Kelas Reguler.

“Program unggulan ini akan kami rapatkan dengan komite,” jelasnya.(lik)

Rekomendasi Berita