oleh

SMK Pertanian Negeri 2 Lantik 14 Penegak Bantara Pramuka

LINGGAUPOS.CO.ID– Ekstrakurikuler Pramuka SMK Pertanian Negeri 2 Tugumulyo telah melaksanakan pelantikan Penegak Bantara, Sabtu (27/2/2020).

Pelantikan Penegak Bantara dilakukan setelah peserta melewati beberapa tahapan. Adapun tahapan pertama dimulai dari peserta menjadi Tamu Penegak, Calon Penegak, dan setelah menyelesaikan ujian dari SKU Penegak Bantara selanjutnya dapat menjadi Penegak Bantara.

Jadwal pelantikan Penegak Bantara ini seharusnya dilakukan pada Desember 2020 lalu, tetapi mengingat kondisi yang belum memungkinkan sehingga diundur ke Februari 2021 dengan banyak pertimbangan.

Hal ini disampaikan oleh tiga Pembina Pramuka SMK Pertanian Negeri 2 Tugumulyo, Dwi Ida Hartaty, S.P, Ir. H. MY. Phariyanto, M.Pd, dan Leni Marlina, S.Pd. Tujuan dari pelantikan Penegak Bantara ini yakni untuk mengukuhkan, bahwasanya peserta yang akan dilantik sudah sebagai Penegak Bantara.

Jika nanti ada kegiatan-kegiatan di tingkat Kabupaten, Kota, Provinsi sampai ke Nasional, Pramuka SMK Pertanian Negeri 2 Tugumulyo telah memiliki Penegak Bantara yang dapat diikut sertakan pada kegiatan-kegiatan tersebut.

Jumlah peserta yang akan dilantik menjadi Penegak Bantara awalnya berjumlah 16 peserta. Tetapi dua peserta tidak hadir dalam pelantikan tersebut, sehingga peserta yang dilantik menjadi Penegak Bantara berjumlah 14 orang. Terdiri dari 11 peserta putri dan tiga peserta putra.

Kegiatan pelantikan Penegak Bantara ini dihadiri tiga perwakilan anggota Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Musi Rawas. Perwakilan tersebut datang untuk monitoring kegiatan Penegak Pandega Kwarcab Musi Rawas. Karena setiap gugus depan khususnya berpangkalan di sekolah, apabila ada kegiatan mereka selalu hadir untuk dokumentasi laporan dari DKC Musi Rawas.

Kegiatan ini dimulai pagi hari diawali dengan upacara pembukaan oleh Ir. H. M.Y. Phariyanto, M.Pd. Setelah pembukaan, peserta melaksanakan outbound hingga siang. Setelah ishoma (istirahat sholat dan makan), kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan Penegak Bantara dengan mengucapkan Janji Tri Satya Pramuka, kemudian pembina Pramuka memasangkan TKU Bantara kepada Penegak yang dilantik.

Adat pelantikan Penegak baik Bantara maupun Laksana di gugus depan ini biasanya dilakukan di malam hari agar lebih khidmat dan berkesan. Dimana peserta harus mencari TKU Bantara tersebut dengan sandi untuk menguji mental dan keberaniannya. Tetapi karena Pandemi Covid-19 maka pelantikan dilakukan di siang hari dengan menerapkan protokol kesehatan.

Setelah peserta resmi dilantik menjadi Penegak Bantara, kegiatan ditutup dengan upacara dengan Pembina oleh Dwi Ida Hartaty, S.P, kemudian para pembina dan Pengurus Dewan Ambalan serta Dewan Kehormatan Pramuka SMK Pertanian Negeri 2 Tugumulyo mengucapkan selamat kepada Penegak Bantara yang telah dilantik.

Leni Marlina, S.Pd mengungkapkan harapannya setelah dilantiknya Penegak Bantara sebagai upaya untuk mengaktifkan kembali Pramuka SMK Pertanian Negeri 2 Tugumulyo. Dengan adanya 14 orang yang sudah dilantik menjadi Penegak Bantara. Minggu depan akan diadakan Muspanitra untuk memilih Pradana Putra dan Pradana Putri yang baru.

“Semoga ekskul Pramuka ini dapat berjalan lagi, mereka dapat membawa ekskul Pramuka lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Walaupun kegiatannya tidak seminggu sekali, melainkan bisa dua minggu sekali nantinya,” ungkapnya.

Ia berpesan kepada Penegak Bantara yang sudah dilantik lebih semangat lagi bersama adik-adik yang masih menjadi Tamu Penegak dan Calon Penegak untuk berlatih. “Setiap ada event Pramuka, Alhamdulillah ekskul Pramuka kami selalu ikut baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi maupun Nasional,” tutupnya.(*)

Rekomendasi Berita