oleh

SMANTER Tuan Rumah Ujian Beasiswa Afirmasi

LINGGAU POS ONLINE, STL ULU TERAWAS – SMAN Terawas kembali jadi tuan rumah Ujian Penerimaan Calon Mahasiswa Program Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) Terluar Tertinggal dan Terdepan (3T). Program ini sepenuhnya diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia (RI).

“Alhamdulillah, ini tahun kedua SMANTER (sebutan SMAN Terawas) kembali dipercaya Kemenristek RI untuk menjadi Tuan Rumah Ujian Penerimaan Calon Mahasiswa Program Beasiswa ADIK 3 T,” tutur Kepala SMAN Terawas Henni Kristiati membenarkan saat dikonfirmasi Linggau Pos, Selasa (17/4).

Ujian kemarin diikuti 50 siswa -siswi dari seluruh SMA se-Kabupaten Musi Rawas.

Hadir dalam acara kemarin, DR.Eng. Uju.S.Pi, M.Si (dari IPB Bogor) Guruh P Ramlee (dari Kemenristek RI), Ras Lim, DR. Edyansyah, Sekretaris MKKS SMA Musi Rawas Fahrudin Fahrul, dan Kepala SMA se-Kabupaten Musi Rawas.

Dipilihnya SMANTER sebagai tuan rumah dalam proses seleksi itu tidak terlepas dari predikat membanggakan yang sudah diraih. Diantaranya, SMANTER sebagai sekolah model, sekolah rujukan, sekolah adiwiyata , sekolah sehat juga sekolah berwawasan lingkungan.

“Termasuk siswa-siswi SMANTER ikut dalam ujian hari ini (kemarin,red). Tahun 2017 lalu, ada enam anak yang lulus mendapatkan beasiswa ADIK 3T. Tahun ini, setelah kami seleksi yang berprestasi namun kurang mampu ada 13 anak yang diikutsertakan dalam ujian ini,” jelasnya.

Henni mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kemenristekdikti menunjuk SMANTER sebagai tuan rumah ujian seleksi penerimaan beasiswa ADIK 3T ini. Ia menjelaskan, ujian dilakukan dalam dua sesi. Pertama Tes Pengetahuan Umum. Sesi kedua, tes mata pelajaran yang ada di SMA. Diantaranya Biologi, Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia. Bagi siswa yang lulus, penempatannya sesuai dengan keinginan siswa masuk jurusan apa. Perguruan Tinggi (PT)-nya, disesuaikan dengan yang bekerja sama dengan Kemenristekdikti. Karena dalam formulir yang diisi siswa itu ada pilihan daftar universitasnya.

“Kami berharap program ini terus berjalan karena besar sekali manfaatnya untuk mengentaskan kemiskinan. Tahun lalu memang hanya SMA dari kecamatan yang tergolong 3T yang diikutsertakan. Alhamdulillah, tahun ini semua SMA diundang,” imbuhnya.

Henni berdoa untuk keberhasilan putra putri Kabupaten Musi Rawas, khususnya siswa -siswi SMANTER agar bisa lulus dalam ujian mendapatkan beasiswa ADIK 3T ini. (02)

Rekomendasi Berita