oleh

SMAN 1 Tebing Tinggi Tetap Full Day

EMPAT LAWANG – Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 SMAN 1 Tebing Tinggi masih menerapkan Full Day School (FDS). Hal itu dilakukan, sebab sekolah ini dinilai telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI).

“Kami tetap menerapkan FDS bukan asal, melainkan berdasar pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017, dan sebagian besar sekolah yang menerapkan FDS ialah yang memenuhi syarat diantaranya fasilitas yang lengkap. Lalu, sekolah tersebut dianggap unggul yaitu dengan akreditasi dan sudah menjadi sekolah rujukan,” ungkap Kepala SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Ajriyanto, Rabu (9/1).

Menurut Ajriyanto, sejak tahun 2010 SMAN 1 Tebing Tinggi sudah menerapkan FDS. Sebab, dari sisi kualitas sangat bermanfaat bagi sekolah karena bisa mengawal dan mengawasi peserta didik dengan maksimal.

“Iya, jadi sejak 2010 kami sudah memulai masuk pukul 07.15 WIB dan pulang pukul 16.00 WIB. Sabtu dan Minggu libur. Memang pemerintah mewajibkan penerapan FDS ke sekolah-sekolah itu 2018. Dengan FDS, sekolah bisa mencegah anak terpengaruh kegiatan negatif dari luar,” jelasnya.

Hal sama dilakukan SMAN 3 Tebing Tinggi. Kepala SMAN 3 Tebing Tinggi, Herlina menjelaskan, status akreditasi A yang disandang sekolah, membuatnya semakin optimis menerapkan FDS.

“Karena kalau mau FDS itu, salah satu syaratnya harus akreditasi A,” imbuh Herlina. (key)

Rekomendasi Berita