oleh

SMAN 1 Muara Beliti Sekolah Zonasi Rujukan Nasional

LINGGAU POS ONLINE- Predikat membanggakan baru saja didapat SMAN 1 Muara Beliti. Sebab Rabu (19/6) lalu, di Hotel Polonia Medan, Sumatera Utara, SMAN 1 Muara Beliti dinobatkan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai Sekolah Zonasi (Rujukan) Nasional.

Laporan Sulis, Musi Rawas

Hal ini dibenarkan Kepala SMAN 1 Muara Beliti, Yasbudaya, Minggu (23/6). “Untuk mencapai titik ini, perjuangan kami bersama dewan guru, wakil kepala dan staf sangat panjang. Mulai dari menegakkan disiplin, membenahi sarana prasarana, menggiatkan ekstrakulikuler, meningkatkan mutu guru dan siswa serta selalu mendukung mereka untuk ikut lomba akademik maupun non akademik. Setelah jadi sekolah model, alhamdulillah sekarang jadi sekolah zonasi (rujukan) nasional,” tutur Yasbudaya, tadi malam.

Ia berkeyakinan ini semua berkat dukungan guru, siswa, TU, komite dan masyarakat. Sebagai SMA zonasi, SMAN 1 Muara Beliti dinilai oleh Kemdikbud RI memenuhi kriteria tertentu. Diantaranya, pertama SMAN 1 Muara Beliti merupakan SMA Negeri yang terakreditasi A atau terakreditasi tertinggi di zona setempat.

SMAN 1 Muara Beliti juga sebagai SMA Model binaan LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Sumatera Selatan (Sumsel) yang berkinerja baik.

Sekolah yang dipimpin Yasbudaya delapan tahun terakhir ini, juga memiliki praktik-praktik baik dan inovasi pendidikan yang layak diimbaskan ke SMA lain untuk peningkatan mutu. Tak hanya itu, dari sisi prestasi akademik dan non akademik terus dicapai oleh siswa maupun guru.

SMAN 1 Model Muara Beliti juga memiliki program unggulan dalam rangka peningkatan mutu sekolah. Sekolah ini juga dinilai mampu dan bersedia memberikan pengimbasan kebijakan terbaru praktik-praktik baik dan inovasi pendidikan dalam pembelajaran dan penilaian yang diimbaskan kepada SMA lain di zonanya.

“Dengan dicapainya predikat baru ini, jadi motivasi kami semua untuk terus berbuat yang terbaik dalam pengabdian ini. Semoga dengan begitu, minat masyarakat untuk menitipkan pendidikan putra-putrinya ke sekolah kami juga terus bertambah,” imbuhnya. (*)

Rekomendasi Berita