oleh

SK Rekomendasi Parpol Bisa Dibatalkan

“Sebelum pendaftaran ke KPU, segala dukungan ataupun rekomendasi dari Parpol masih bisa berubah, karena belum ada aturan yang melarang peralihan dukungan,” kata Andries Lionardo

LINGGAU POS ONLINE, PALEMBANG – Pengamat politik asal Kota Palembang, Andries Lionardo menjelaskan kalau dukungan yang sudah diterima para kandidat dari Partai Politik (Parpol), bisa berubah sewaktu-waktu. Sebab, politik sangat elastis, segala kemungkinan bisa terjadi, walaupun sangat kecil.

Menurut dia, bisa saja ada Parpol yang sudah mendeklarasikan dukungannya untuk mengusung salah satu kandidat. Tapi, di tengah perjalanan karena ada sesuatu hal, atau ada insiden khusus bisa saja dukungan dibatalkan.

“Sebelum pendaftaran ke KPU, segala dukungan ataupun rekomendasi dari Parpol masih bisa berubah, karena belum ada aturan yang melarang peralihan dukungan,” kata Andries Lionardo, Minggu (3/12).

Tapi, dilanjutkannya, peralihan dukungan juga harus sesuai dengan mekanisme di internal Parpol masing-masing. Sebab, setiap Parpol pasti memiliki aturan sendiri-sendiri.

“Namun, ketika Parpol sudah mendaftarkan dukungannya ke KPU, maka dukungan tersebut tidak bisa berubah lagi ke kandidat lain, dikarenakan sudah ada aturan yang menyatakan hal itu,” jelasnya.

Mengenai Pilkada Lubuklinggau, masih dikatakannya bisa saja akan ada penambahan dan pengurangan jumlah kandidat yang akan ikut Pilkada.

“Meskipun frekuensinya sangat kecil, tapi kemungkinan itu selalu ada,” ungkapnya.

Untuk saat ini, sudah ada tiga pasang kandidat yang sudah menyatakan diri untuk maju di Pilkada, yakni pasangan petahana H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar yang kembali bersatu. Pasangan yang akrab disebut NanSuko ini dapat dukungan dari Partai Golkar, Demokrat, Hanura, PAN, PBB, PKS, NasDem dan PKB. Kemudian, H Rustam Efendi-Riezky Aprilia yang sudah dapat dukungan dari PDIP dan PPP, selanjutnya H Toyeb Rakembang-Sofian maju lewat jalur perseorangan. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita