oleh

Siswa SMPN 11 Lubuklinggau Religius dan Berprestasi

Lulusan Minimal Hafal 22 Surah

LINGGAU POS ONLINE – Setelah dilantik Juli 2019 lalu, Kepala SMP Negeri 11 Lubuklinggau membuat program khusus. Fokusnya mewujudkan siswa-siswi religius dan berprestasi.

Laporan Sulis, Lubuklinggau

JUMAT (2/8) saya berkesempatan berbincang dengan Kepala SMPN 11 Lubuklinggau, Imron Wili Iskandar. Ia mengungkapkan, saat ini sudah merancang program khusus.

“Kami, dewan guru siap mewarnai kalbu anak-anak dengan keimanan dan ketakwaan. Sudah saatnya sekolah sebagai benteng agar anak-anak tidak terjerumus ke hal negatif seperti narkoba, merokok, tawuran, mencuri dan sebagainya,” tuturnya.

Sejak sekolah gratis ini, Imron menyadari tak sedikit orang tua yang kurang perhatian dengan anak-anak mereka. Karena merasa tidak mengeluarkan biaya besar sebagaimana sekolah era dulu.

“Minimnya pengetahuan tentang agama yang membuat the loose generation, sehingga mental anak-anak sekarang menjadi rapuh bahkan mudah terjerumus ke hal-hal negatif,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pengaruh di lingkungan masyarakat sudah sangat luar biasa sehingga dibutuhkan peran semua pihak, khususnya sekolah. Agar anak-anak tidak mudah terjebak pada ‘jalur’ yang salah.

“Maka SMPN 11 Model Lubuklinggau setiap Jumat minggu pertama mengadakan kegiatan membaca Alquran mulai dari Surah Annas sampai ke Ad-Dhuha (22 surah) secara bersama-sama. Selain itu, kami wajibkan anak-anak menghafal minimal 1 surat per minggu,” jelasnya.

Disamping itu, imbuh Imron, untuk menyelaraskan target dan kemampuan guru, maka seluruh guru dibekali buku pedoman kegiatan keagamaan yang disusun bersama guru PAI (Pendidikan Agama Islam).

“Jadi mulai tahun ajaran 2019/2020 ini, setiap hari saat pergantian jam pelajaran, siswa menghafal satu surah dalam Alquran Juz 30 secara bersama-sama selama 1 minggu. Targetnya hafal minimal tiga surah selama satu bulan. Target sampai dengan kelas IX siswa sudah hafal 22 surat. Oleh karena itu, komitmen kami setiap penerimaan siswa tahun ajaran baru, SMPN 11 Model Lubuklinggau mengutamakan siswa-siswi yang bisa baca Alquran,” imbuhnya.

Daro program ini, siswa-siswi diharapkan jadi pribadi yang religius, diharapkan siswa mampu menjadi imam salat dan diharapkan siswa sudah bisa mengajar baca Alquran di dalam keluarganya.(*)

Rekomendasi Berita