oleh

Siswa SMKN Pertanian Pasti Dapat Beasiswa

LUBUKLINGGAU – Sebagaimana tahun sebelumnya, pendaftar yang ingin masuk SMKN Pertanian Musi Rawas (Mura) membludak. Dari 111 pendaftar yang ada, hanya 105 siswa yang dinyatakan diterima masuk sekolah yang terletak di Jl SPMA, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I tersebut.

“Mereka yang berhasil lulus seleksi ini yang pasti sudah memiliki tujuan yang jelas, kenapa memilih sekolah di sini. Sehingga, harapan kami setelah lulus, mereka benar-benar jadi SDM yang punya ilmu dan keinginan besar untuk memajukan pertanian di daerahnya,” tutur Kepala SMKN Pertanian Musi Rawas, H Yusep Mubarak, Jumat (5/6).

Yusep bersyukur, minat masyarakat untuk menitipkan pendidikan putra-putrinya di SMKN Pertanian terus meningkat.

“Ya saya yakin ini bukan tanpa alasan. Pertama, karena siswa yang sekolah di sini pasti dapat beasiswa. Baik Program Indonesia Pintar (PIP), beasiswa dari Kementerian Pertanian, bahkan dari anggota DPR RI. Jadi kami upayakan setiap dari peserta didik ini dapat beasiswa,” terang Yusep.

Kedua, Yusep dan dewan guru mengupayakan para peserta didik bisa langsung kerja.

“Yang mau kuliah, ya kami arahkan untuk dapat beasiswa atau program sekolah ikatan dinas Kementerian Pertanian. Kalau mau kerja, setiap tahun perusahaan-perusahaan perkebunan di Kalimantan request 200 alumni SMKN Pertanian untuk direkrut jadi tenaga kerja dengan gaji Rp4 juta lebih per bulan. Jadi memang kami berusaha, agar siswa kami ini ilmunya bermanfaat, baik untuk kerja maupun kuliah lagi,” imbuhnya. (lik)

Rekomendasi Berita