oleh

Siswa SMK Nyaris Tewas di Bukit Kaba

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Pran Apriansyah (17) terjatuh di tangga 1.000 Bukit Kaba, Minggu (26/8). Kepalanya terbentur bebatuan, dan menderita luka parah. Siswa SMK Negeri 3 Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu itu nyaris meninggal. Saat ini, ia dirawat di RSUD Curup.

Kepala Badan Konservasi Daya Alam (BKSDA) Resort Bukit Kaba, Nurdin saat ditemui di RSUD Curup mengatakan, Pran mengalami luka serius di bagian kepala.

Korban mendaki Bukit Kaba Sabtu (25/8) sekitar pukul 18.20 WIB, dengan tujuan melakukan camping bersama dengan lima temannya yakni Elis Widayanti, M Hidayat, Qaka Rahma, Osi Juniato dan Dandi Eriansyah.

“Saat itu korban bersama dengan teman- temannya sekitar pukul 07.00 WIB mendaki ke kawah melalui tangga 1.000 untuk mengambil foto dari bagian atas, kemudian sekitar pukul 08.00 WIB mereka turun lewat tangga untuk sarapan pagi, namun pas di anak tangga kedua dari bawah korban terjatuh dan tersungkur ke aspal serta terguling,” jelasnya.

Korban yang terjatuh ini kemudian mengalami luka serius di bagian kepala dan kejang-kejang. Korban ini kemudian mendapat pertolongan pertama oleh salah seorang pendaki yang kesehariannya berprofesi sebagai dokter, sebelum dilarikan ke RSUD Curup.

Setelah diberikan pertolongan pertama, kemudian korban di evakuasi oleh petugas Pokdarwis, petugas BKSDA, para pendaki dan teman-teman korban dari puncak Bukit Kaba dengan menggunakan tandu.

Korban sendiri sampai di RSUD Curup sekitar pukul 10.45 WIB dan langsung dilarikan ke ruang IGD guna mendapatkan perawatan, setelah ditangani tim medis, korban masih sadar dan kondisinya mulai stabil.

Sedangkan penyebab kejadian masih mereka selidiki.

Beruntung, korban berhasil diselamatkan dan saat ini masih dirawat di RSUD Curup sembari menunggu keluarganya menjemput korban.

Kapolres Rejang Lebong, AKBP.Ordiva melalui Kapolsek Curup, Iptu Untoro menjelaskan, yang pertama melihat korban terkapar itu Dandi (17).

Lalu dia langsung menelepon petugas pos pantau Bukit Kaba untuk mengabarkan bahwa ada temannya jatuh dari tangga.

Korban yang sudah tak sadarkan diri itu langsung dibawa turun menggunakan matras tenda. Sekira setengah perjalanan menuju ke Pos Pantau Bukit Kaba, petugas pos tiba untuk menjemput korban, kemudian korban dievakuasi menggunakan tandu.

Sesampainya di pos pantau bawah, korban langsung di evakuasi ke RSUD Curup. Akibat kejadian tersebut korban mengalami luka robek di kepala.
(09)

Rekomendasi Berita