oleh

Siswa SMAN 9 Berprestasi di Bidang Olahraga

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Potensi pelajar SMA Negeri 9 Lubuklinggau di bidang olahraga sangat diperhatikan. Pasalnya pada sejumlah cabang olahraga banyak prestasi diraih siswa siswi sekolah yang beralamat di Jalan Polisi Mohammad Hasan, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Seperti, tahun 2016 lalu, siswa bernama Rolis berhasil menjadi juara lomba lompat jauh tingkat Kota Lubuklinggau. Pada tahun 2017, Rolis kembali menjadi juara diikuti Septa menjadi juara lomba lari 10 Kilometer (Km) dalam rangka HUT Kabupaten Musi Rawas.

Kepala SMA Negeri 9 Lubuklinggau, Hj Nurlaila, SPd membenarkan pihaknya memang memperhatikan benar potensi anak di bidang olahraga.

“Kami bertujuan mengoptimalkan kemampuan anak di bidang olahraga, karena prestasi mereka sangat baik. Di sini kita latih anak-anak pada cabang Voli, Futsal, Basket dengan guru olahraga Septa dan Handi,” jelas Nurlaila didampingi Waka Sarana Prasana, Jupriadi di ruang kerjanya, belum lama ini.

Perempuan berhijab ini meneruskan, para atlet sekolah ini setiap satu minggu sekali berlatih, dengan tujuan meningkatkan potensi serta kemampuan mereka di bidang olahraga. Agar saat bertanding tak alami kendala. Tak hanya latihan rutin, Nurlaila memerhatikan juga fasilitas olahraga di sekolah.

“Sudah kita lengkapi misalnya untuk cabang atletik dibangun lapangan lompat jauh. Juga sarana untuk cabang lompat tinggi juga disediakan. Termasuk basket dan voli tersedia lapangan untuk siswa siswi kita berlatih. Besar harapan pihaknya peserta didik SMA Negeri 9 menunjukkan prestasinya nanti.

Lebih lanjut, Nurlaila menyebutkan SMA Negeri 9 Lubuklinggau yang berdiri sejak 2012 terus melakukan inovasi. Agar para peserta didik makin berprestasi dengan meningkatkan kualitas mereka. Terbukti dengan prestasi akademik dari siswa Erwin kelas 11 IPA pada Lomba Olimpiade Fisika juara 3. Siswa ini mendapatkan kesempatan untuk tanding di tingkat provinsi Sumsel. Selanjutnya di bidang Pramuka mengikuti lomba di tingkat Kota Lubuklinggau pada ulang tahun SMP Negeri 2 Lubuklinggau tahun 2017 ini.

Saat ini jumlah siswa siswi SMA Negeri 9 sebanyak 248 orang. Mereka diampu guru PNS 22 orang, honorer 12 orang, dengan tenaga Tata Usaha 5 orang berstatus honorer.

Meski lokasi sekolah berada agak jauh dari pemukiman, tapi Nurlaila menegaskan ada harapan untuk maju bersaing dengan sekolah negeri lainnya.

“Semua itu butuh strategi, dan kami tak akan menyerah meskipun input minim tetapi tetap usaha. Kalau bicara output tentu kita bisa dibandingkan dengan sekolah lain dalam hal prestasi dan pembinaan peserta didik. Yang jelas di sini kita memberikan semangat pada guru agar tetap semangat kerja, karena ini akan menjadi ladang amal kita kelak,” imbuh Nurlaila dengan optimisme. (01)

Komentar

Rekomendasi Berita