oleh

Siswa SMAN 1 Lubuklinggau Belajar ke Italia

Abdul Ghoffar, Siswa SMAN 1 Lubuklinggau Studi ke Italia
“Jadi setiap warga Italia itu disiplin. Kalau mau membuang sampah pasti di tong sampah. Pengendara transportasi pun sangat mengutamakan pejalan kaki yang ingin melewati zebra cross…”

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Minggu (14/10) tepat 34 hari siswa SMAN 1 Lubuklinggau, Abdul Ghoffar belajar ke negeri Pizza, Italia. Ia berkenan berbagi cerita tentang perjalanan studinya dalam sebulan terakhir.

“Yang saya rasakan perbedaan antara Italia dan Indonesia yang pertama adalah udara. Karena di sini setiap hari udaranya nyaris seperti suasana Subuh di Indonesia. Ya, udaranya sangat segar,” terang Abdul Ghoffar, saat diwawancara via Whatsapp, kemarin.

Ia juga menjelaskan, bangunan di Italia konsepnya classic building (historical building). Jadi di sini toko-toko dan rumah rumah orang kebanyakan banyak yang memakai tema lama (old theme). Seakan mengenang sejarah masa lampau kota tersebut.

Hal lain yang menurutnya sangat menarik dan patut ditiru adalah ketaatan warganya terhadap aturan.

“Jadi setiap warga Italia itu sangat disiplin. Kalau mau membuang sampah pasti di tong sampah. Pengendara transportasi pun sangat mengutamakan pejalan kaki yang ingin melewati zebra cross. Saya kadang heran, karena terkadang mereka melaju dengan kecepatan yang tinggi tetapi mereka pasti berhenti kalau ada pejalan kaki yang ingin lewat,” terang Ghoffar.

Dibalik sisi baik itu, di Italia juga ada sisi yang menurut Ghoffar masih perlu didalami lagi. Sebab, orang-orangnya di sana tidak terlalu dekat antara satu sama lain, termasuk tetangga. Bahkan mereka jarang mengenal satu sama lain padahal rumah mereka berdekatan sekitar 50 meteran.

“Kebanyakan orang di sini sedikit individualis dan susah untuk diajak interaksi. Tetapi ketika anda sudah mengenal orang tersebut mereka akan menganggap kita seperti saudara mereka sendiri. Di sini orang-orangnya saling melindungi satu sama lain,” jelas Ghoffar.

Selain mengenal budaya, Ghoffar juga pergi ke Pantai Caorle yang terletak di Italia Utara, ke Kampung Warna Warni dan shopping centre.

“Intinya saya sangat senang tinggal di sini dan ini adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan dalam hidup saya. Semoga suatu saat nanti, saya bisa berbagi ilmu yang lebih banyak lagi untuk teman-teman di Indonesia,” jelas dia. (lik)

Rekomendasi Berita