oleh

Siswa MAN 2 Perluas Area Toga

LUBUKLINGGAU – Siswa MAN 2 Lubuklinggau yang tergabung di dalam ekstrakulikuler 9K melakukan perluasan area Tanaman Obat Keluarga (Toga), Jumat (25/1).

“Jadi ekstrakulikuler 9K itu singkatan dari Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kerindangan, Kesehatan, Keterbukaan dan Keteladanan. Perluasan Toga ini untuk menguatkan program 9K itu,” tutur Pembina Ekstrakulikuler 9K MAN 2 Hesi Novia, kemarin.

Ia menjelaskan kegiatan perluasan area Toga ini dilaksanakan dalam rangka penguatan program 9K di MAN 2 Lubuklinggau.

“Penguatan program ini sudah dilaksanakan dan dikembangkan sejak 8 tahun yang lalu, juga sebagai langkah efektivitas pemanfaatan area sekolah,” ungkapnya.

Menurutnya, selama ini Toga MAN 2 baru memanfaatkan area kosong di belakang kelas. Sehingga kurang dipahami manfaatnya. Oleh sebab itu, dengan area baru yang berada di depan Musala Ar Rasyid MAN 2 diharapkan para siswa memahami arti pentingnya Toga sebagai obat alternatif tanpa harus mahal.

“Dan kegiatan ini juga sebagai upaya pembinaan Sadar Sehat bagi warga MAN 2 Lubuklinggau, dan juga untuk mengajak siswa siswi MAN 2 agar mendukung upaya pelestarian lingkungan di lingkungan paling dekat dengan mereka, yakni di sekolah atau madrasah,” katanya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Lubuklinggau, Saipul Basin mengatakan sangat mendukung penuh kegiatan ini, apalagi kegiatan ini memang benar-benar sangat positif untuk dilaksanakan, selain dapat membantu dalam pelestarian lingkungan, penghijauan sekolah, dengan penanaman Toga ini, para pelajar akan lebih mengenal Toga ini, sebagai obat alternatif tanpa harus mahal.

Pengelolaan area secara teknis dalam kegiatan perluasan area Toga ini juga dibantu oleh Waka Bidang Sarana Prasarana Hj Huzaimah, yang juga sangat mendukung kegiatan ini, dan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang banyak untuk keluarga besar MAN 2 Lubuklinggau. (rrf)

Rekomendasi Berita