oleh

Sistem OSS Permudah Pelaku Usaha

EMPAT LAWANG – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Empat Lawang sudah memberlakukan Sistem Online Single Submission (OSS). Diberlakukannya Aplikasi OSS mempermudah investor dan pelaku usaha. Sehingga mereka tidak perlu lagi harus antre untuk membuat surat izin usaha.

“Aplikasi OSS sudah diberlakukan sejak Juni 2018 lalu se-Indonesia. Namun efektifnya di Empat Lawang sejak Agustus 2018 ,” jelas Kepala DPMPTSP Empat Lawang, Muhammad Mursadi, Kamis (10/1).

Dijelaskan Mursadi, pihaknya terkendala pada jariangan dalam memberlakukan Aplikasi OSS tersebut.

“Server OSS itu langsung dari Pusat. Namun yang menjadi kendala pada jaringan dan Aplikasi Pendukung OSS yaitu Aplikasi ‘Sicantik Cloud’. Nah Aplikasi Si Cantik ini kami yang belum aktif karena terkendala penyesuaian aplikasi. Karena servernya harus milik daerah dalam hal ini Kominfo dan ditargetkan Januari ini efektif,” jelasnya.

Aplikasi Si Cantik, lanjut Mursadi, selain sangat penting untuk mendukung Aplikasi OSS juga untuk mempermudah pelaku usaha dalam memenuhi komitmen persyaratan.

“Si Cantik ini fungsinya untuk mendukung aplikasi OSS , dan yang lebih substansi lagi yaitu untuk mempermudah pelaku usaha memenuhi komitmen persyaratan di Kabupaten Empat Lawang,” jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada setiap pelaku usaha yang hendak berkomitmen di Empat Lawang harus tetap mendatangi DPMPTSP guna melengkapi persyaratan.

“Bagi pelaku usaha yang sudah mendaftar itu harus melaporkan hasil izinnya yang sudah terbit guna dicek kembali. Kalau selama dua pekan atau 14 hari tidak melapor maka akan dianggap gugur surat izinnya dan tidak dapat menggunakan nama PT itu lagi. Karena di Aplikasi OSS tersebut sudah tercantumkan perintah tersebut,” tegasnya.

Masih kata Mursadi, dalam usaha menggaet pelaku usaha pihaknya rutin untuk melakukan promosi baik tingkat kabupaten maupun provinsi.

“Upaya kita pertama yaitu promosi dalam bentuk mengikuti pameran-pameran dan eksbiz penanaman modal di luar kabupaten dan provinsi yang menjadi kegiatan rutin,” jelasnya.(key)

Rekomendasi Berita