oleh

‘Sisir’ 1.735 Pemilih Ganda

LUBUKKLINGGAU – Setidaknya ada 1.735 data ganda di Kota Lubuklinggau, hal inilah yang mendasari dilakukannya rapat koordinasi (rakor) pemutakhiran data pemilih antara KPU Kota Lubuklinggau dengan PPS se-Kota Lubuklinggau, Senin (11/2).

Komisioner KPU Kota Lubuklinggau Divisi Program dan Data, Vera Yulita mengatakan data yang ganda tersebut merupakan antar Tempat Pemungutan Suara (TPS), Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi hingga Nasional.

Menurut Vera sapaan akrabnya PPK dan PPS harus menyisir data yang ganda tersebut, agar kedepan hal yang sama tidak terulang lagi.

“Semua data ganda akan disisir, agar daftar pemilih di Pemilu 2019 valid,” kata Vera Yulita.

Adapun rincian data ganda tersebut sebanyak 82 pemilih ganda antar TPS, kemudian 126 pemilih ganda antar Kelurahan, lalu 70 pemilih ganda antar Kecamatan. Selanjutnya, 87 pemilih ganda antar Kota/Kabupaten, 760 pemilih ganda antar Provinsi dan 610 pemilih ganda nasional.

Sebelumnya, setidaknya ada 922 data pemilih ganda tersebut tersebar di 8 kecamatan yang ada di Kota Lubuklinggau. Rinciannya, 200 pemilih terindikasi ganda di Kecamatan Lubuklinggau Utara II, kemudian 78 orang pemilih di Kecamatan Lubuklinggau Utara I. Selanjutnya, 103 pemilih di Kecamatan Lubuklinggau Timur II, lalu 136 pemilih juga terindikasi ganda di Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Kemudian, 104 pemilih terindikasi ganda di Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, lalu 109 pemilih terindikasi ganda di Kecamatan Lubuklinggau Selatan I. Selanjutnya, 44 pemilih juga terindikasi ganda di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat II, dan 148 pemilih terindikasi ganda di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Sementara itu, DPTHP-2 Kabupaten Musi Rawas (Mura), 289.544 pemilih, dengan rincian pemilih laki-laki sejumlah 147.171 jiwa, pemilih perempuan sejumlah 142.373 jiwa, yang tersebar di 14 kecamatan, 199 desa dan 1168 TPS. Jumlah ini akan terus bergerak, karena saat ini KPU Kabupaten Mura sedang melakukan pemutakhiran data pemilih, sama yang sedang dilakukan KPU Kota Lubuklinggau.

“Kita juga masih melakukan pemutakhiran data pemilih, dan telah menginstruksikan PPK dan PPS untuk menghapus data yang TMS serta memasukan masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih,” katanya. (aku)

Rekomendasi Berita