oleh

Sisa Longsor di Ulak Dabuk Bahaya

EMPAT LAWANG – Longsor yang terjadi di Jalan Penghubung Kecamatan Tebing Tinggi menuju Kecamatan Pendopo, Senin (8/7). Tepatnya Desa Ulak Dabuk, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Empat Lawang. Akibatnya, material longsor menutupi jalan.

Hingga Selasa (9/7) material longsor belum juga dibersihkan. Akibatnya, menyebabkan jalanan licin dan membahayakan pengendara yang melintas.

Warga yang melintasi jalan ini, Tika (24) mengatakan setiap hujan turun jalan bekas longsor di Desa Ulak Dabuk tersebut dipenuhi lumpur.

“Tiap hujan turun jalan bekas longsor itu ditutupi lumpur, sehingga jalan itu jadi lincin. Jadi kami yang sering lewat sana harus ekstra hati-hati,” jelas Tika, Selasa (9/7).

Belum lagi lanjut Tika, jalan di ilir jalan longsor tersebut berhamburan batu kerikil yang hanyut di jalan mengikuti arus.

“Kerikil itu bertaburan di jalanan, belum lagi tanah berlumpur bekas longsor itu, ini sangat membahayakan pengemudi, baik sepeda motor maupun mobil,” jelasnya.

Dirinya berharap, kepada instansi terkait agar jalan tersebut dapat dibersihkan, sehingga aktivitas warga yang menggunakan jalan tersebut menjadi lancar.

“Harapan kami sebagai pengguna jalan, pemerintah dapat menindak lanjuti tanah longsor dan kerikil yang berhamburan dijalan, dan segera dibersihkan. Agar kami nyaman untuk beraktivitas, tidak dihantui rasa ketakutan lagi,” harapnya.

Warga lainnya Anton juga berharap agar jalan tersebut segera dibersihkan, sehingga aktivitas warga tidak terganggu.

“Kalau hujan turun jalan itu licin dan ditutupi longsor, makanya kami berharap jalan itu segera dibersihkan, Camat dan Kades setempat ajak warganya untuk gotong royong. Kalau jalan itu bersih aktivitas warga akan lancar sehingga perekonomian warga juga lancar,” terangnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang M Taufik berharap agar dapat dilakukan pemeliharaan jalan seperti drainase dan tebas bayang.

“Kami juga berharap instansi terkait bisa melaksanakan pemeliharaan jalan, bukan cuma jalan ini tapi juga jalan-jalan lainnya, karena ini untuk keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” imbuhnya. (key)

Rekomendasi Berita