oleh

Sisa Empat Kursi, Cabup Terancam Tak Dapat ‘Perahu’

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Persaingan Calon Bupati Lahat, memperebutkan dukungan Partai Politik, kian sengit. Menyisakan waktu sekitar 7 bulan sebagaimana jadwal Pilkada Lahat, akan digelar Juni 2018, saat ini sejumlah Parpol sudah secara resmi mendukung kandidat yang akan diusung. Penelusuran koran ini, setidaknya sisa kursi di Parlemen tinggal tujuh kurai lagi. Meski ada sejumlah parpol ada yang belum mendeklarasikan calon, namun parpol tersebut diprediksi sudah punya kandidat untuk diusung.

Saat ini, Partai PKB yang memiliki tiga kursi bersama Partai PAN yang juga memiliki tiga kursi secara resmi memberikan dukungan kepada Bursa Zarnubi, sebagai Calon Bupati Lahat. Tidak hanya dua Partai tersebut, Partai Golkar yang memiliki lima kursi di parlemen di gadang-gadang juga akan memberikan dukungan kepada mantan Ketua Umum Partai Bintang Reformasi tersebut.

Sementara, Partai Gerindra yang memiliki empat kursi dan PKS satu kursi secara resmi memberikan dukungan kepada Novran Marjani dan Herliansyah, sebagai Cabub dan Cawabub Lahat. Pasangan ini juga dikabarkan akan mendapat dukungan PDIP yang memiliki enam kursi dan PPP yang memiliki tiga kursi. Dukungan juga diberikan Partai NasDem. Partai besutan Surya Paloh yang memiliki empat kursi di DPRD Lahat, berlabuh kepangkuan Cabub Lahat, Cik Ujang. Ketua Partai Demokrat Lahat ini diprediksi juga akan mendapat dukungan dari Partainya yang memiliki empat kursi. Sementara, partai PBB yang memiliki tiga kursi sudah sejak lama memberikan dukungan kepada Cabup Marwan Mansyur.

Persis, dengan diberikannya dukungan dari sejumlah partai ini tinggal menyisakan empat kursi yakni Hanura tiga kursi dan PKPI satu kursi. “Ya kalau melihat peta politik saat ini setidaknya ada empat nama yang akan diusung Parpol yakni Burza Sarnubi, Novran Marjani, Cik Ujang dan Marwan Mansyur. Namun melihat sengitnya persaingan merebutkan Parpol, akan ada calon yang tidak mendapatkan perahu,” prediksi, Yasin (32), pemuda peduli Pilkada Lahat, saat dibincangi, Senin (13/11).

Terpisah, ketua PKB Lahat, Parisman mengaku partainya mendukung Bursa Zarnubi setelah melalui berbagai proses di intern Partainya termasuk ijtihad Politik. Dengan dukungan yang diberikan tersebut, pihaknya siap berjuang untuk memenangkan Bursa Zarnubi.

“Kita juga akan bersama sama berjuang bersama partai koalisi,” ujarnya. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita