oleh

Sinopsis Film Bebas, Adaptasi Film Korea Sunny yang Diputar di Lubuklinggau

LINGGAU POS ONLINE – Bebas merupakan adaptasi film Korea Selatan berjudul Sunny. Dalam versi Indonesianya, latar waktu akan berada pada era 90-an. Sedangkan pada versi Sunny, latar waktu sekitar tahun 1987-an.

Perbedaan Bebas dengan Sunny yang lain terletak pada komposisi para pemain utama. Dalam Sunny satu geng berisi enam perempuan, dalam versi Bebas, ada satu laki-laki dan lima perempuan.

Dilansir Antara, film yang berlatar Jakarta tahun 90-an ini diberikan pihak CJ Entertainment (studio produksi Korea Selatan) kepada Mira Lesmana.

“Mereka bilang film (Bebas) ini harus menjadi film Indonesia,” katanya.

Dalam membangkitkan kembali nuansa 90-an, Mira dan tim produksi berburu tempat-tempat yang masih mempertahankan gaya-gaya lama.

“Kami hunting lokasi, seperti di Blok M, Melawai, ada sudut-sudut menarik, lalu kawasan Kota (Tua). Rumah-rumah juga yang kira-kira di era tahun 90-an.”

Masa produksi film ini memakan waktu sekitar satu tahun. Enam bulan di antaranya sebagai waktu latihan para pemain.

Bebas bercerita tentang pertemanan sejak masa sekolah. Awalnya Vina (Maizuri) sekolah di salah satu SMA di kota kecil di Jawa Barat. Karena beberapa hal, dia pindah sekolah menuju Ibukota Jakarta. Pada hari pertamanya, Vina menjadi bahan lelucon teman sekolah karena logat bicaranya. Dia juga mendapat intimidasi dari salah satu cowok di sekolah.

Untungnya datang sekelompok gang sekolah yang menolong Vina. Anggota gang bernama Bebas ini yaitu Kris (Sheryl Sheinafia) sang pemimpin, Jessica (Agatha Pricilla) yang lucu dan terobsesi akan kecantikan, Gina (Zulfa Maharani) anak terkaya di grup, Suci (Luthesha) perempuan cantik dan misterius, serta Jojo (Baskara Mahendra) cowok satu-satunya.

Selain menolong, gang ini juga memasukkan Vina menjadi anggotanya. Pertemanan itu membuat Vina cukup cepat dalam beradaptasi. Sayangnya, beberapa waktu setelah itu ada kejadian yang membuat mereka harus terpisah.

Berpuluh tahun kemudian, Vina dewasa (Marsha Timothy) tanpa sengaja bertemu dengan Kris dewasa (Susan Bachtiar) di rumah sakit. Kris mengidap penyakit yang membuat hidupnya divonis tidak akan lama.

Keadaan itu membuat Kris meminta kepada Vina untuk mengumpulkan kembali gang masa sekolahnya. Dia ingin bertemu untuk terakhir kalinya. Perjalanan menemukan sahabat lama, Jessica (Indy Barends), Jojo (Baim Wong), Gina (Widi Mulia) dan Suci ini mengantar Vina kembali menyusuri kisah lamanya.

Riri Riza bertindak sebagai sutradara, sementara Mira Lesmana, Gina S Noer dan Kang Hyong-Chul bertindak sebagai penulis naskah.

Sebelum menyutradarai Bebas, Riri Reza merupakan sutradara Humba Dreams (2019), Kulari ke Pantai (2018), Ada Apa Dengan Cinta 2 (2016), Athirah (2016), Solola Rimba (2013), Atambua 39 Derajat Celcius (2012), Sang Pemimpi (2009), Laskar Pelangi (2008), Takut: Faces of Fear (2008), Drupadi (2008), Tak Kau Kunanti (2007), 3 Hari untuk Selamanya (2006), Untuk Rena (2005), Gie (2004), Eliana, Eliana (2002), Petualangan Sherina (1999), dan Kuldesak (1997).(*)

Sumber: tirto

 

Rekomendasi Berita