oleh

SILTV Gelar Festival Film Pendek

LUBUKLINGGAU – Kabar gembira bagi para sineas dan pecinta peran di Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan sekitarnya. Sebab Silampari TV (SilTV) akan menggelar Festival Film Pendek Silampari (FFPS) 2019.

Hal ini diungkapkan Ketua Pelaksana FFPS 2019, Patria Perdana Putra kepada wartawati koran ini, Senin (28/1).

Ia menjelaskan peserta yang dapat mengikuti kegiatan ini adalah tim produksi film di mana usia dari anggota tim minimal 15 tahun yang berasal dari Kota Lubuklinggau dan sekitarnya.

Festival yang bertema “Lestarikan Budaya Lokal Melalui Seni Peran” ini akan memperlombakan 2 kategori.

Pertama, film pendek bertemakan budaya lokal khas Bumi Silampari dengan durasi 5-15 menit. Kedua, kategori film pendek bertemakan komedi dengan durasi 5 menit.

“Pendaftaran akan dimulai 1 Februari-April 2019. Puncaknya dilaksanakan Juni 2019 mendatang,” jelas dia.

Syarat dan ketentuan mengikuti perlombaan ini meliputi, karya merupakan karya original, menggunakan bahasa daerah, belum pernah ikut lomba, film yang diikutkan akan menjadi milik SilTV, tidak memuat unsur SARA, politik dan kekerasan. Selanjutnya segala bentuk pelanggaran menjadi tanggung jawab peserta, panitia berhak mendiskualifikasi apabila ada kecurangan.

Patria juga memaparkan kriteria yang dilihat dari festival ini adalah originalitas, teknik pengambilan gambar dan editing, ide cerita, ketepatan tema dan waktu, penataan artistik dan harus ada pesan yang disampaikan.

“Kami akan memilih 10 pemenang dari dua kategori, meliputi juara pertama, kedua, ketiga, harapan dan favorit film pendek budaya dan juara pertama, kedua, ketiga, harapan dan favorit,” ungkapnya.

Bagi yang ingin ikut dalam festival ini bisa melakukan pendaftaran dan datang langsung ke Studio 1 Silampari TV di Kantor Graha Pena Linggau Pos, atau bisa menghubungi 0733 3281322 atau 0813 7939 6293 (Rustam). (rrf)

Rekomendasi Berita