oleh

Silaturahmi Akbar dan Pengukuhan Pengurus IKMB Spektakuler

Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, menyerahkan pataka bendera IKMB, kepada Ketua pengurus IKMB Kota Lubuklinggau Mast Idris, di gedung GOR Silampari, Kelurahan Megang, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Minggu (17/12). Foto : Riena Fitriani Maris

Nanan : Warga Musi Ukir Sejarah Baru

RIBUAN warga Musi, baik dari Ulu Musi, Musi Rawas dan Musi Banyuasin berkumpul mengikuti acara silaturahmi akbar, ajang Musi bersenjang serta pengukuhan kepengurusan Ikatan Keluarga Musi Bersatu (IKMB) periode 2017-2020. Acara dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Silampari, Kelurahan Megang, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Minggu (17/12).

Acara tersebut dihadiri oleh Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe yang juga pelindungan IKMB dan Hj Yetti Oktarina Prana, Wakil Walikota yang juga sesepuh dan penasihat IKMB H Sulaiman Kohar dan Hj Sri Haryati Sulaiman, mantan Pangdam II Sriwijaya H Iskandar M Sahil, Kapolres Lubuklinggau AKBP Sunandar, perwakilan Pemkab Musi Rawas dan Muba, Sekda HA Rahman Sani, Sekda Musi Rawas H Isbandi Arsyad, anggota DPRD Sumsel HM Subhan, anggota DPRD Musi Rawas, Mansyur Daniel, Alamsyah Manan dan Wahisun Wais Wahid, sesepuh masyarakat Musi dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Ketua Pengurus IKMB Kota Lubuklinggau, Mast Idris didampingi Sekretaris, H Marzuki Syamsum dan Bendahara IKMB, H Fajarudin saat menyampaikan laporan mengatakan, ada 76 Desa yang tergabung dalam kepengurusan IKMB. Acara kemarin, diikuti dan dihadiri lebih kurang 6.000 warga asal Musi yang tinggal, bekerja dan sekolah di Kota Lubuklinggau. Niat untuk membentuk IKMB pun diakuinya, telah diwacanakan sejak lama.

“Kita berniat untuk menghimpun keluarga besar Musi di Kota Lubuklinggau. Kami seluruh pengurus IKMB merasa bangga, karena sebagai orang dan keturunan Musi bisa bersatu,” ungkapnya.

Perkumpulan ini dilanjutkannya, untuk menjaga martabat dan melestarikan nilai adat yang lama telah terkikis, sehingga pelestarian ini akan dijaga anak cucu.

“Terima kasih juga kepada Walikota dan Wakil Walikota yang telah sumbangsih terhadap perkumpulan dan bisa bantu suksesnya acara ini, termasuk para sponsor lainnya. Kita disiapkan doorprize dengan 100 hadiah, dan kami doakan Walikota dan Wakil Walikota tetap dipercayakan memimpin melanjutkan pembangunan Lubuklinggau,” tegasnya.

Wakil Walikota Lubuklinggau sekaligus Tokoh Masyarakat Musi, H Sulaiman Kohar pun mengucapkan terima kasih, melalui wadah IKMB masyarakat Musi yang ada di Lubuklinggau bisa bersatu.

Sementara itu Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe atas nama Pemkot Lubuklinggau mengucapkan selamat atas terbentuknya IKMB di Lubuklinggau. Ia pun mengakui, terselenggaranya pembangunan di Lubuklinggau hingga saat ini juga atas dukungan dan kekompakan masyarakat Musi yang ada di Lubuklinggau.

“Saya meyakinkan, kalau Lubuklinggau bisa sampai seperti saat ini berkat kontribusi masyarakat Musi. Hari ini (kemarin, red) masyarakat Musi mengukir sejarah baru. Bisa bersatu dan berkumpul. Kekompakan seperti ini, bisa menjadi modal kami selama ini untuk membangun. Saya pun kembali mengingatkan, meskipun kedepan ada pelaksanaan Pilkada, namun jangan sampai masyarakat kita terkotak-kotak,” tegasnya.

Dalam acara tersebut, juga dilaksanakan ajang bersenjang. Istri Wakil Walikota, Hj Sri Haryati Sulaiman hingga Walikota dan Wakil Walikota turut bersenjang. Ada juga penampilan gitar tunggal, bela diri khas Musi, kuntau, serta terakhir pembagian doorprize. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita