oleh

Sijago Merah Lahab Empat Rumah Penduduk

LINGGAU POS ONLINE, KARANG DAPO – Diduga adanya korsleting listrik, membuat empat rumah warga RT.04 Kelurahan Karang Dapo Kecamatan Karang Dapo Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) ludes dilahab sijago merah.

Kebakaran yang terjadi, Jumat (31/8) sekira pukul.03.00 WIB dini hari, berawal di rumah Sukri (60), karena api membesar sehingga cepat menjalar ke tiga rumah penduduk lainnya yang menjadi korban Cik Muya, Diwir dan Hj Esa.

Berdasarkan keterangan salah seoranh warga, Arifta menjelaskan kalau kebakarn terjadi pertama kali di rumah Sukri (60), diduga dikarenakan korsleting listrik. Karena api membesar sehingga merambat ketiga rumah disamping rumahnya. ketiga korban lainnya.

Atas musibah tersebut ketiga korban mengalami kerugian puluhan juta rupiah, karena selain rumah yang ludes terbakar, Salah satunya Cik Muya yang merasa kehilangan emas sebanyak 10 suku dan uang puluhan juta dilahab api.

“Selang satu jam, yakni pukul 04.00 Wib.petugas Pemadam Kebakaran (PBK) tiba di lokasi, langsung memadamkan api selama kurang lebih 1,5 jam, namun selain keempat rumah diatas api juga sempat menjalar ke rumah Sukarno Hata. David dan Akhyar.

Sementara itu, Camat Karang Dapo, Hermanto membenarkan kejadian kebakaran yang menghabiskan empat rumah penduduk Kelurahan Karang Dapi, bahkan sempat juga membakar tiga rumah lainnya.

“Benar kejadian malam tadi, empat rumah habis, sekarang keempat korban terpaksa menumpang dirumah keluarga korban,”Kata Hermanto.

Untuk saat in Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Sosial akan turun sekaligus menyalurkan bantuan.”Ada juga bantuan pribadi Pak Wakil Bupati, H Devi Suhartoni yang telah diserahkan ke keluarga korban dari perwakilan Pak Wabup,”Imbuh Hermanto.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muratara, H Zulkifli saat ini pihaknya sedang bersiap-siap menuju TKP guna menyerahkan bantuan berupa Makanan dan pakaian. sepeti beras, mie instan, pakaian sekolah dan pakaian sehari-hari.

“Kita sudah mau ke lokasi menyerahkan bantuan ke korban, dan Insya Allah Pak Bupati akan turun kelokasi juga untuk melihat dan menyerahkan bantuan langsung,” Kata Zulkifli.

Terpisah, Kapolres Musi Rawas AKBP Bayu Dewantoro, SIK., MM melalui Kapolsek Karang Dapo Iptu Yani Iskandar membenarkan adanya bencana kabaran. Dimana melahab empat rumah milik warga Atas nama Sukri, Cik Muya atau Alpati, Dewir dan Esa Davit.

“Asal api diduga konsleting arus pendek listrik dari salah satu rumah warga, untuk saat ini kerugian ditaksir Rp.1,2 miliar,”ungkap Iptu Yani Iskandar.(12)

Rekomendasi Berita