oleh

Sidang Kasus Pencabulan Bocah Ditunda

LINGGAU POS ONLINE, SIDOREJO – Sidang kasus pencabulan dengan terdakwa Sarono (43) batal dilaksanakan. Warga Desa Ciptodadi II, Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas (Mura) didakwa melakukan pencabulan terhadap sebut saja Bunga (5), bocah bawah umur. Rencananya sidang dengan agenda putusan berlangsung Kamis (23/8) ditunda Selasa (28/8) mendatang.

Batalnya sidang Sarano lantaran Ketua Majelis Hakim, Hj Siti Yuristia, SH berhalangan hadir. Hal ini dibenarkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nanda pengganti JPU Erwina Dimatnusa saat dikonfirmasi Linggau Pos.

“Sidang ditunda karena Ketua Majelis Hakim berhalangan hadir,” ucap JPU Nanda, singkat.

Dari sidang sebelumnya JPU Erwina Dimatnusa menuntut Sarono karena telah terbukti melanggar pasal Pasal 82 Ayat (1) Jo Pasal 76 E Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dituntut 7 Tahun kurungan Penjara.

Terungkap dalam sidang sebelumnya yang menyeret Surono ke meja hijau ini bermula, Senin, 28 Mei 2018 pukul 22.00 WIB, saat korban sedang bersama ayahnya, memperbaiki handphone dan laptop di rumahnya. Kemudian terdakwa datang meminta jambu yang ada di samping rumah korban.

Saat terdakwa sedang mengambil jambu, korban datang dan meminta jambu yang diambil terdakwa.

Saat itulah Surono melakukan aksi bejatnya dengan sengaja mencabuli Bunga. Perbuatan terdakwa tersebut dilihat ayah korban. Surono sempat pergi karena ketakutan. Tetapi berselang beberapa menit, Surono kembali lagi ke rumah korban untuk meminta maaf kepada orang tua Bunga. Tetapi orang tua korban keberatan. Karena perbuatan Surono ini sudah sekian kalinya dilakukan terhadap korban. Dan itu dilakukan terdakwa saat orang tua korban sedang tidak ada di rumah.

Selanjutnya, orang tua Bunga melaporkan perbuatan Surono ke Polsek Jayaloka. Dalam surat dakwaan JPU Erwina M Dimatnusa SH, MH, Surono mengaku sudah tiga anak dicabulinya. Ketiga anak itu semuanya bawah umur yakni Bunga, Mawar (5) dan Melati (5).(CW01)

Rekomendasi Berita