oleh

Siapkan Perdes untuk Tata Kelola Pasar

LINGGAU POS ONLINE- Pemerintah Desa Setia Marga Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) adakan Rapat Koordinasi (Rakor). Kali ini Rakor dilaksanakan, untuk membahas pembuatan Peraturan Desa (Perdes).

Rakor dilaksanakan di kantor Kepala Desa (Kades) Setia Marga, dihadiri Kades, BPD, anggota Kamtibmas, pemangku adat, kepala dinas dan tokoh masyarakat setempat. Tujuan dibuatkannya Perdes, untuk menciptakan rasa nyaman dan aman di Desa Setia Marga.

Saat Rakor ada dua masalah yang dibahas, pertama tentang pengelolaan pasar yang akan dikelola melalui dana BUMDes lalu kedua penerapan jaga malam oleh Kamtibmas.

Kades Setia Marga, Bambang Hadianto menjelaskan terkait tata kelola pasar selama ini belum ada sistem kerja seperti masalah kebersihan pasar, keamanan pasar makanya mereka bahas.

“Melalui Rakor ini kita terapkan Perdes, sehingga BUMDes harus mempersiapkan diri. Apalagi Perdes menjadi acuan untuk BUMDes bekerja nantinya,” jelas Bambang.

Terkait masalah Kamtibmas, nantinya akan kita terapkan sistem jaga malam untuk keamanan desa. Tujuannya, untuk menjaga keamanan dari tindakan kriminal dan lain-lain.

“Kita fokuskan pada penertiban anak sekolah yang masih keluyuran di malam hari. Diatas Pukul 22.00 WIB, diharuskan anak-anak sekolah berada di rumah masing-masing. Kemudian untuk penerapan sanksi kepada anak-anak sekolah yang masih membandel, akan ditertibkan dan dilakukan pembinaan,” ungkapnya.

Laporan Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita